Smart News Tapanuli

HALAMAN FACEBOOK

Bandar narkoba ditembak setelah kejar-kejaran dengan polisi

  • Reporter:
  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 15:22
  • 1041 Kali Dibaca
Bandar narkoba ditembak setelah kejar-kejaran dengan polisi
Tersangka diamankan.

PADANGSIDIMPUAN – Petugas Polres Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, melakukan tindakan tegas kepada para pengedar dan bandar narkoba. Buktinya, seorang pria yang selama ini diketahui sebagai pengedar narkoba ditembak karena melawan saat hendak ditangkap dan sempat kejar-kejaran dengan petugas seperti dalam laga film action.

Pelaku bernama Harlando Nasution alias Lando (30) warga Jalan Imam Bonjol, Gang Halim, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Pelaku berhasil dibekuk petugas di daerah Desa Aek Tuhul, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Jumat (6/10/2017) sekira pukul 01.00 WIB. Dalam penangkapan itu polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 bungkus plastik transparan berisi sabu-sabu seberat 19,43 gram, 1 buah timbangan elektrik, 1 unit handphone, 1 buah kaleng, 1 kotak rokok, dan 1 unit mobil Toyota Corolla warna biru dengan nomor polisi BA 1856 AN. Dia dibekuk saat mengendarai mobil tersebut untuk melarikan diri dari kejaran petugas.

Kasat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan AKP CJ Panjaitan kepada wartawan memaparkan, peristiwa itu berawal dari informasi bahwa tersangkah sudah lama target operasi petugas. Saat operasi penangkapan, tersangka sedang membawa sabu-sabu di Desa Siloting, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua dengan mengendarai mobil itu.

Kemudian petugas melakukan penyelidikan atas informasi tersebut. Dan setelah menemukan mobil yang dimaksud, petugas melakukan pengintaian. “Setelah yakin, petugas menghentikan mobil tersebut. Namun tersangka menambah kecepatannya sehingga terjadi kejar-kejaran hingga ke daerah Pijorkoling,” kata Kasat.

Tak mau kehilangn buruannya, lanjut Kasat, petugas terus mengejar. Saat terjadi kejar-kejaran itu, pelaku sempat membuang sesuatu dari dalam mobil yang diduga narkoba. Kemudian petugas terus mengejar tersangka hingga melakukan beberapa kali tembakan peringatan ke udara. “Petugas tak mau kalah dengan pelaku, akhirnya mengarahkan beberapa Kali tembakan ke mobil pelaku,” ujarnya.

Kasat juga mengatakan bahwa tersangka berhasil dibekuk setelah ban mobil yang dikendarai pelaku ditembak petugas dan berhenti seketika setelah bannya gembos. Saat petugas mendekati mobil tersebut, tersangka bukannya !enyerah bahkan mencoba melawan.

“Akhirnya petugas langsung melakukan tindakan tegas menembak kaki kanannya. Petugas berhasil menghentikan tersangka di Desa Aek Tuhul, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua,” imbuhnya.

Tersangka dibawa untuk pengembangan, namun saat pengembangan tersangka melarikan diri sehingga petugas melumpuhkan tersangka dengan tembakan ke arah kaki. “Atas kejadian tersebut tersangka dan barang bukti dibawa ke Satresnarkoba guna proses lebih lanjut,” ujarnya.

AKP CJ Panjaitan juga memaparkan pelaku bisa dijerat dengan Pasal 112, Pasal 114, dan Pasal 127 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Dia terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara serta denda maksimal Rp 10 miliar. (Ucok Siregar)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional