Kodim 0206/Dairi gelar penyuluhan manfaat hutan

  • Whatsapp
Warga mengikuti penyuluhan tentang manfaat hutan.

SUMUT – Dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100, Kodim 0206/Dairi melaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik bertajuk penyuluhan kehutanan kepada 120 orang warga masyarakat Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Barat, Sumatera Utara, Jumat (6/10/2017).

Pada kesempatan itu, Kasi Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH XIV Sidikalang, Ependi Hutasoit sebagai narasumber menjelaskan bahwa hutan merupakan ekosistem hayati yang saling berkaitan utuh dan berguna untuk kelangsungan kehidupan manusia.

“Sehingga kita wajib untuk menjaga kelestariannya. Namun hutan juga dapat kita kelola untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti hutan tanaman rakyat, hutan adat, hutan desa dan hutan kemasyarakatan,” katanya.

“Hasil hutan bisa berupa kayu dan non kayu. Hasil kayu bisa berbentuk budi daya dan tumbuh sendiri. Sementara hasil non kayu bisa berupa rotan, getah, jasa lingkungan (eko wisata) dan air. Hutan dapat diolah dalam bentuk perhutanan sosial atau yang memiliki ijin untuk pengusahaan hutan. Hutan yang tidak bisa dikelola hanyalah hutan konservasi,” tambahnya.

Warga, Posma Boang Manalu (41), pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Kodim 0206/Dairi yang telah menyelenggarakan penyuluhan.

“Kami jadi mengerti tentang manfaat hutan bagi kehidupan manusia, dan kami merasa bersyukur ternyata hutan juga dapat dikelola untuk meningkatkan perekonomian kami. Selama ini kami merasa takut untuk memanfaatkan hutan karena kami tidak mengetahui hutan mana yang bisa kami kelola,” ucapnya. (rilis penrem023/Ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *