Smart News Tapanuli

HALAMAN FACEBOOK

Lestarikan kearifan lokal, Psp Hutaimbaru dan Sopo Kreatif Talenta pagelaran seni dan budaya

Lestarikan kearifan lokal, Psp Hutaimbaru dan Sopo Kreatif Talenta pagelaran seni dan budaya
Foto: SNT.

PADANGSIDIMPUAN – Pagelaran seni dan budaya yang diadakan, Senin (9/10), oleh Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dan Sopo Kreatif Talenta di Lapangan Sabungan Jae, bertujuan untuk melestarikan kearifan lokal.

Pada pandangannya dalam pagelaran ini, tokoh lintas organisasi dan partai politik, Sahrun Harahap sepenuhnya berharap, pagelaran seni dan budaya tetap eksis, khususnya di kecamatan itu.

“Saya berterimakasih pada Pak Camat yang menggerakkan kegiatan seni yang baru pertama kali dilaksanakan seperti ini. Ini satu upaya untuk melestarikan budaya masyarakat kita yang hampir punah. Ke depan juga, semoga Pak Camat dapat bekerjasama dengan eksekutif dalam acara seperti ini,” kata mantan legislator Kota Padangsidimpuan (Psp) itu.

Menyambut itu, Camat Psp Hutaimbaru, Sayidiman Pulungan mengungkapkan, sesungguhnya pembinaan telah dilaksanakan sejak Januari lalu melalui sanggar seni yang dibina langsung oleh Baginda Soamalon Pasaribu bekerjasama dengan Sopo Kreatif Talenta Tabagsel.

Pihaknya, kata Camat, sangat berharap akan lestarinya seni budaya yang ada di Psp Hutaimbaru maupun Psp Angkola Julu. Dan ia juga terus mengajak generasi-generasi muda yang ingin berkreasi untuk selalu tidak melupakan seni budaya lokal, seperti penampilan padu kreasi musik etnik yang ditampilkan Sanggar Singali dan Kenanga.

“Seni budaya dan tutur poda, khususnya. Nantinya dalam pembinaan, gordang sambilan ini juga akan dipadukan dengan musik modern. Akan tetapi, kita juga harus dimusyawarahkan dengan tokoh adat, tokoh budaya. Mungkin barangkali ada hal-hal yang sakral yang tidak diperkenankan,” tuturnya dan mengajak anak-anak binaan sanggar tidak lelah.

Sebenarnya, kata Sayidiman Pulungan, pagelaran seni dan budaya serta pembinaan sebelumnya, berawal tahun lalu ia telah memaparkan kepada Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Psp, Khoiruddin Nasution, kala itu.

“Dan Pak Khoir ini yang respon, dan terus mendampingi agar semua ini terlaksana,” kata Camat yang juga mewakili Pemerintah Kota Psp.

Menyambung yang disampaikan Camat, Khoiruddin Nasution juga mengungkapkan, program ini adalah buah fikir dari diskusi Camat Psp Hutaimbaru, Baun Aritonang dari SKT Tabagsel serta pihaknya.

“Lepas dari itu, sekilas kalau kita berbicara dengan sejarah kebangsaan kita. Ini bulan Oktober, bulannya Sumpah Pemuda yang juga penyatuan dari elemen bangsa kita, dari Batak, Jawa, Minang dan seluruhnya. Ini sesuai sebagaimana hari ini kita menyatukan, selain dari kita sendiri adat budaya Angkola. Ada juga dari Minang, Jawa. Dan bagaimana nantinya membangun Kota Padangsidimpuan, kita harus bersama-sama, dan mengenal jati diri kita,” pesannya. (ren)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional