Bappeda Tapteng gelar lanjutan FGD KLHS RPJMD

  • Whatsapp
Lanjutan FGD KLHS RPJMD Tapteng.

PANDAN – Kepala Bappeda Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Basyri Nasution diwakili oleh Kabid Perekonomian Infrastruktur dan SDA Uswatan Niswati membuka acara lanjutan Focus Group Discussion (FGD) Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Tapanuli Tengah, di Ruang Rapat Bappeda, Selasa (17/10/2017).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari agenda yang sama yang sudah digelar bulan lalu. Hadir pada FGD itu, perwakilan seluruh SKPD di lingkungan pemerintahan daerah.

Dimana berdasarkan Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka pemerintah wajib melaksanakan KLHS terhadap dokumen-dokumen perencanaan, termasuk RPJMD, sehingga berguna untuk dapat meminimalisir dampak negatif atas pelaksanaan pembangunan.

KLHS sendiri merupakan pendekatan strategi jangka panjang pengelolaan lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan.

“Sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang 32 2009 itu bahwa KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program (KRP). Saat ini kita menindaklanjuti FGD sebelumnya terkait penyusunan KLHS RPJMD Tapteng tahun 2017-2022,” kata Uswatan Niswati.

Uswatan menyampaikan, agar para peserta FGD dapat mengisi Matriks Kajian Pengaruh KRP terhadap isu pembangunan berkelanjutan meliputi berbagai komponen KRP, yaitu bisi, misi, arah kebijakan, dan program pembangunan dalam RPJMD Tapteng 2017-2022, yang disusun sesuai dengan bidang urusannya.

Hasil FGD ini akan ditindaklanjuti dalam rangka penyusunan dokumen KLHS RPJMD Tapteng 2017-2022 sebagai kelengkapan untuk penetapan peraturan daerah tentang RPJMD Tapteng sesuai waktu pentahapannya. (Ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *