Ratusan warga hadiri penyuluhan wawasan kebangsaan oleh Satgas TMMD ke 100 Kodim 0206 Dairi

  • Whatsapp
Satgas TMMD ke 100 Kodim 0206/Dairi berikan penyuluhan kepada warga.

SIBOLGA – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0206/Dairi menyelenggarakan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada warga Desa Perpulungan, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu, 21 Oktober 2017.

Kegiatan dilaksanakan di Posko TMMD Kodim 0206/Dairi dengan materi tentang “rasa cinta tanah air, dan hidup dalam keberagaman”. Dengan pemateri oleh Pasiter Kapten Inf Anahar Jusar.

Namun sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu digelar acara nonton bareng film perjuangan tentang perjuangan merebut kemerdekaan RI, yang disaksikan sedikitnya 200 masyarakat setempat.

“Adapun tujuan penyuluhan wawasan kebangsaan ini adalah untuk menumbuhkan dan menanamkan kembali rasa memiliki, kesadaran berbangsa dan bernegara, persatuan dan kesatuan, serta bela negara dan cinta tanah air dalam rangka mewujudkan tegak kokohnya NKRI. Oleh sebab itu wawasan kebangsaan harus terus dibangun dan di pupuk di benak dan sanubari warga negara Indonesia.,” kata Kapten Inf Anahar Jusar.

Anahar menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dari Sabang sampai Merauke tanpa membedakan suku dan agama.

“Masyarakat harus yakin bahwa pancasila adalah sakti untuk mempersatukan keberagaman di negara ini. Wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun rasa cinta tanah air karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang didasari oleh falsafah cita cita dan tujuan nasional,” pungkasnya.

Warga pun mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada TNI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Karena kami semakin bertambah ilmu tentang kebangsaan sehingga semakin menumbuhkan rasa bangga kami terhadap NKRI, Jayalah TNI,” ucap Ponisan Padang (48), warga yang ikut menghadiri acara penyuluhan itu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Danramil 06/Kerajaan kapten ARM Lisben Situmorang, Kades Perpulungan, Amiruddin Habeahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan warga Desa Perpulungan. (ril Penrem 023/KS/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *