Ini Informasi Penting Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Dibaca# Share…

  • Whatsapp
Kepala Seksi Gizi, Ernita Naibaho, S,Gizi. Ist.

TAPANULI TENGAH – Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menghimbau ibu hamil untuk dapat cegah Anemia. Pasalnya, anemia pada kehamilan dan janin dapat menyebabkan abortus, persalinan prematur dan hambatan tumbuh kembang janin.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tapteng melalui Kepala Seksi Gizi, Ernita Naibaho, S,Gizi kepada waratwan, Kamis, (26/10/2017) diruang kerjanya.

Ernita menjelaskan, bahwa ibu hamil disarankan minum obat tambah darah secara rutin untuk mencegah anemia pada kehamilan, yang dapat menyebabkan abortus, persalinan prematur dan hambatan tumbuh kembang janin.

“Kebutuhan F2 pada ibu hamil meningkat untuk pembentukan plasenta janin, dan volume darah ibu terus bertambah. Maka kita sarankan kepada ibu hamil agar secara rutin meminum obat tambah darah, agar tidak terjadi anemia pada saat kehamilan,” jelasnya.

Katanya lagi, setiap ibu hamil juga harus mendapat tablet zat besi minimal 90 tablet selama masa kehamilan, yang diberikan sejak kontak pertama.

“Kekurangan sel darah merah atau yang dikenal dengan anemia ini merupakan permasalahan serius bagi ibu hamil, karena dapat meningkatkan resiko keguguran, pendarahan, hingga kematian saat melahirkan. Apalagi kadar sel darah pada tubuh kurang dari 7 (Kadar normal sel darah merah antara 8-10,5). Untuk mengembalikan sel darah merah pada tubuh ibu hamil diperlukan pemberian suplemen zat besi dan asam folat,” terang Ernita.

Kemudian sambungnya, mencegah anemia pada kehamilan yaitu melalui pemeriksaan kadar sel darah merah sejak awal kehamilan atau jauh sebelum hamil.

“Ibu hamil juga perlu memakan penambah zat besi, seperti memperbanyak makan daging, ikan dan makanan yang mengandung C seperti Jeruk dan Mangga yang juga kaya zat besi,” pungkasnya.

 

 

(Firmansyah/ren/rill)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *