Perindag Taput Latih Warga Produksi Gula Aren dan Dodol

  • Whatsapp
Pelatihan pembuatan gula aren dan dodol di Desa Sukamaju, Kecamatan Pahae Jae, Taput.

TAPANULI TENGAH – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengadakan acara pelatihan pembuatan gula aren dan dodol beragam rasa.

Kegiatan itu diharapkan dapat mendorong pengembangan industri kreatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pelatihan pembuatan gula aren dan dodol bagi masyarakat Pahae dipusatkan di Desa Sukamaju, Kecamatan Pahae Jae,” terang Kadis Perindag Taput, SEY Pasaribu, Kamis (26/10/2017).

Dia menerangkan kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 25 hingga 26 Oktober 2017. Untuk wilayah Pahae yang diikuti oleh puluhan peserta dari 4 Kecamatan, yakni Pahae Julu, Pahae Jae, Purbatua dan Simangumban.

”Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan mampu secara mandiri memproduksi gula aren dan dodol yang berkualitas dengan rasa yang enak, layak secara higienis, yang dibungkus dalam kemasan menarik,” jelasnya.

Menurutnya, jika harapan itu tercapai, produk yang dihasilkan akan memiliki nilai jual bagi penikmat dodol, dan para konsumen gula aren dari Tapanuli Selatan yang melintasi wilayah Pahae menuju Medan, atau sebaliknya. Mereka yang nantinya diprediksi akan menggunakan jalur jalan tol Tebingtinggi-Kualanamu, tidak akan lagi melewati pusat jajanan makan yang ada di Pasar Bengkel, Serdang Bedagai.

“Perlahan, nantinya industri-industri kreatif yang dimunculkan melalui kegiatan ini bertumbuh menjadi ‘home industry’ dan kelompok usaha pemasaran di sepanjang jalan lintas Aek Botik Sukamaju,” sebutnya.

Ketersediaan industri kreatif tersebut kata SEY, jelas menjadi peluang untuk berkembang menjadi pusat jajanan oleh-oleh.

Ilmu pelatihan disampaikan oleh sejumlah tenaga terlatih yang sudah teruji di Balai Latihan Kerja Silangkitang, diyakini akan menciptakan pengusaha-pengusaha industri kreatif yang unggul.

Ketua TP PKK Pahae Jae Denni Mariana Gultom serta Kepala Desa Sukamaju Jamson Sinaga yang mengikuti kegiatan tersebut sangat mengapresiasi pelaksanaan pelatihan dimaksud. Harapnya, kegiatan yang digelar untuk kaum hawa tersebut segera bermanfaat dalam menambah penghasilan rumah tangga setiap peserta.

 

(TS/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *