Menko Maritim Sambut Penerbangan Internasional Perdana di Bandara Silangit

  • Whatsapp
Suasana Aktivitas di Bandara Silangit.

TAPANULI UTARA – Menko Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan menyambut penumpang penerbangan perdana pesawat Garuda Indonesia rute Singapore – Silangit pada hari Sabtu (28/10), sekaligus pencanangan Bandara Silangit sebagai bandara internasional.

Pesawat dengan nomor GA 8506 membawa 60 penumpang (dua pertiga dari kapasitas penumpang) mendarat pada pukul 13.40 waktu setempat.

Penerbangan Singapore-Silangit dilakukan tiga kali seminggu untuk memudahkan akses wisatawan internasional menuju objek wisata Danau Toba dan mengembangkan wilayah tersebut sebagai tujuan wisata internasional.

“Jika resort Silangit sudah jadi, tentu akan sangat menarik karena jarak terbang dari Singapura hanya 50 menit dan pesawat akan pada ketinggian 1.500 meter sehingga suasana tenang,” kata Menko Luhut kepada wartawan.

Menko Luhut optimis perkembangan wisata Danau Toba akan terus membaik.

“Terminal bandara kita rancang untuk 350.000 orang/tahun. Dari hitungan sekarang bisa sampai 500.000 orang. Jadi mungkin 2019 akan kita perbesar lagi,” ujar Menko Luhut yang didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

 

 

Di saat yang bersamaan, maskapai Citilink juga melakukan penerbangan reguler perdana dengan rute Halim Perdanakusuma (Jakarta)-Silangit langsung menggunakan pesawat Airbus A320.

Citilink membuka rute ke Silangit karena menurut mereka infrastruktur di Bandara Silangit sudah bisa didarati pesawat yang mereka gunakan, yaitu Airbus.

Pembukaan layanan penerbangan Citilink, menyusul Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion grup yang sudah lebih dulu terbang ke Bandara Silangit, merupakan bagian dari dukungan pemerintah bagi suksesnya program 10 destinasi pariwisata prioritas nasional, untuk mendatangkan 20 juta wisatawan tahun 2019.

 

 

(TS/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *