Begini Cara Registrasi Baru dan Daftar Ulang Nomor HP

  • Whatsapp
Screenshoot himbau Kominfo untuk registrasi ulang nomor telepon.

JAKARTA – Nomor telepon seluler setiap orang di Indonesia harus di validasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) mulai tangga 31 Oktober 2017. Hal ini mengacu kepada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang kemudian diubah lewat Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017.

Apabila Anda membeli nomor telepon seluler baru setelah tanggal tersebut, Anda harus melakukan registrasi dengan cara mengirim SMS dengan format NIK#NomorKK# ke nomor telepon 4444. Nomor baru tersebut tidak akan bisa diaktifkan apabila kamu belum mengirim SMS tersebut.

Sedangkan untuk pengguna lama, Anda harus mengirim SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK# ke nomor 4444 sebelum tanggal 28 Februari 2018. Setelah tanggal tersebut, Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap nomor telepon seluler yang belum melakukan pendaftaran ulang, secara bertahap.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pendaftaran, Kominfo mengharuskan Anda untuk mengisi surat pernyataan, sebagai bukti bahwa informasi identitas yang diberikan memang benar.

Hal ini dilakukan sebagai langkah Kominfo untuk menyatukan identitas masyarakat Indonesia. Program ini sendiri disebutkan telah diluncurkan pada 2005 silam, dan saat ini dirasa merupakan waktu yang tepat. Karena sistem database kependudukan sudah lebih canggih dengan keberadaan e-KTP.

Menkominfo Rudiantara menegaskan, pentingnya operator penyedia jasa telekomunikasi melakukan validasi database pengguna nomor telepon genggam.

Sementara itu, baik pedagang kartu maupun pembeli, kini sudah merasa nyaman membeli kartu yang sudah aktif. Namun ada warga yang khawatir, jika nomor identitasnya disalahgunakan bila kebijakan registrasi ulang diterapkan.

Tentu hal ini menarik dan ditunggu bagaimana jalannya penerapan aturan ini hingga 28 Februari 2018 mendatang.

 

 

Sumber: Kominfo RI

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *