Operasi Zebra 2017 fokus pelanggaran lalu lintas

  • Whatsapp
Kapolres Humbahas AKBP Nicolas Ari Lilipaly tengah membacakan amanat Kepala Kops Lantas Polri dalam apel gelar pasukan Ops Zebra.

DOLOK SANGGUL – Pelaksanaan Operasi (Ops) Zebra Tahun 2017 difokuskan untuk penegakan hukum bagi kenderaan yang melanggar aturan lalulintas (lalin) khususnya kendraan bermotor yang kerap melawan arus.

Demikian sambutan Kepala Kops Lantas Polri, Irjen Pol. Royke Lumowa yang dibacakan Kapolres Humbahas AKBP Nicolas Ari Lilipaly dalam upacara Ops. Zebra di Mapolres Humbahas, Rabu (1/11/2017).

Selain penindakan bagi pengendara yang melanggar lalin, Ops Zebra juga akan melakukan penegakan hukum bagi pelanggaran di jalan tol, seperti naik turun penumpang, melintas di bahu jalan, menggunakan rotator/lampu blitz/strobo serta plat nomor yang tidak sesuai spektek.
Dia menguraikan, bahwa data jumlah lakalantas pada pelaksanaan Ops Zebra tahun 2016 2.623 kejadian. Jumlah tersebut mengalami penurunan 518 dari sebelumnya 3.141 kejadian. Jumlah korban meninggal dunia tahun 2016 sejumlah 649 orang menurun sejumlah 129 orang jika dibandingkan korban meninggal dunia tahun 2015 yakni sebanyak 778 orang.

Mengatasi permasalahan lalulintas, kata Irjen Pol Royke, pihaknya tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya dalam hal menciptakan pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcarlantas dengan memberdayakan semua stakeholder.

Mencermati hal diatas, katanya lagi, seluruh stakeholder agar mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis, teknis maupun strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalulintas yang terjadi bisa diminimalisir sehingga tercipta kamseltibcarlantas yang mantap.

Sebagai penggerak revolusi mental, Polri agar mewujudkan citra positif khususnya Polantas yang didukung satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan. Sehingga Ops. Zebra 2017 sebagai cipta kondisi Operasi Lilin tahun 2017 dan Tahun baru 2018.

Dengan pelaksanaan Ops Zebra 2017 diharapkan dapat mendorong tercapainya peningkatan disiplin masyarakat dalam berlalulintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, menurunnya tingkat fasilitas korban kecelakaan lalulintas.

 

 

(and/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *