BBPPKI Medan dan Dinas Kominfo Laksanakan FGD Penyusunan Renstra TIK Tapteng

  • Whatsapp
Pelaksanaan FGD untuk menyusunan Renstra TIK Tapteng. Foto: Kominfo.

PANDAN – Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tapanuli Tengah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) kajian Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tuktuk Room Hotel PIA Pandan, Kamis (02/11/2017).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas Drs Antonius Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat hingga ke berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam tatanan kehidupan bernegara.

“Berbagai regulasi diterbitkan untuk mengatur dan mendorong peningkatan pemanfaatan TIK dalam tata kelola pemerintahan dan kemasyarakatan yang dikenal dengan e-Government. Melalui penerapan e-Government dengan berbagai aplikasi berdampak terhadap efektifitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi kinerja birokrasi,” ujarnya.

Terkait hal itu, dengan adanya penyusunan Renstra TIK, Bupati Tapteng juga mengharapkan para peserta FGD untuk berpartisipasi dengan serius dalam mengikuti FGD tersebut.

“Saya harapkan seluruh peserta dapat berkontribusi dalam penyusunan dokumen Renstra TIK ini sehingga ke depan dapat menjadi acuan bersama bagi seluruh SKPD yang ingin mensinergikan inisiatif pengembangan TIK dalam memberhasilkan tujuan strategis organisasi secara lebih ekonomis. Hal ini juga selaras dengan keberhaslan visi dan misi Tapteng yang tertuang dalam RPJMD Tapteng Tahun 2017-2022,” sebut Bupati Tapteng yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas.

Diakhir sambutannya, Bupati Tapteng mengucapkan terima kasih kepada Kepala BBPPKI Medan beserta jajarannya yang telah membantu dalam menyusun kajian Renstra TIK Kabupaten Tapteng. Dan dimasa yang akan datang BBPPKI Medan dapat membantu Pemkab Tapteng dalam mendorong dan mengedukasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Tapteng di bidang TIK sehingga semakin berdaya saing.

Adapun Kepala BBPPKI Medan Drs Irbar Samekto, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui FGD ini secara bersama-sama baik Tim BBPPKI dan Pemkab Tapteng dapat menyusun Renstra TIK Kabupaten Tapteng, yang hasilnya nanti menjadi masukan berharga dalam pengembangan TIK, baik dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik kepada masyarakat oleh seluruh SKPD terkait.

Serta Pengembangan TIK di Tapteng nantinya diharapkan dapat memberi kontribusi yang baik untuk meningkatkan kinerja organisasi menuju smart city yang sebenarnya dengan pembenahan pada suprastruktur dan infrastruktur TIK.

Selain itu, pengembangan TIK ini juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan sosial kemasyarakatan dengan memanfaatkan TIK yang bijak oleh masyarakat, organisasi dan pengusaha.

Sebelumnya, Plt. Kadis Kominfo Kab. Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu, SP menyampaikan laporannya atas pelaksanaan FGD Penyusunan Renstra TIK Kabupaten Tapteng yang dilanjutkan pemaparan oleh Peneliti BBPPKI Medan M. Muttaqin, M.Kom, yaitu Draf kajian Renstra TIK Kabupaten Tapteng.

Hadir pada FGD itu, Kepala BBPPKI Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si beserta Kabid Perencanaan dan dua orang peneliti, Asisten Pemerintahan dan Kesmas, Plt. Kadis Kominfo Kab. Tapteng beserta para Kabid dan Kasi, Kabag Hukum dan Ortala, Dirut RSUD Pandan, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PPTSP, Sekretaris Inspektorat dan perwakilan SKPD teknis terkait di lingkungan Pemkab Tapteng.

 

 

(ril/Firmansyah/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *