BMKG: Waspadai hujan lebat di Sibolga-Tapteng, gelombang dilaut capai 3 meter

  • Whatsapp
Forecaster on Duty BMKG Pinangsori, Dewi Anastia Sidauruk.

TAPANULI TENGAH – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pinangsori, meminta masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah untuk waspada hujan lebat yang mengakibatkan terjadinya banjir, dan juga tanah longsor. Hal itu sesuai dengan perkiraan untuk pada Jumat (03/11/2017) hingga Senin (06/11/2017).

Sementara, kondisi cuaca umumnya berawan – hujan ringan hingga sedang pada sore dan menjelang pagi hari. Suhu udara berkisar antara 32-22˚C. Kelembaban udara berkisar antara 70-95%.

Kepala BMKG kelas III Pinangsori, Marolop Rumahorbo melalui Forecaster on Duty, Dewi Anastia Sidauruk mengatakan, bagi nelayan dan juga pelayaran sibolga menuju Nias, status gelombang lebih dari 0.5 m hingga 3.0 m dapat terjadi di Perairan Kep. Nias Sibolga Tapanuli Tengah/Sibolga dan Samudera Hindia barat Kepulauan Nias. Angin diatas perairan Sumatera pada umumnya bertiup dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 05 – 25 knot.

“Peringatan dini ini kita berikan kepada masyarakat dengan tujuan supaya dapat mengantisipasi jika sewaktu – waktu hasil perkiraan tersebut terjadi. Artinya masyarakat sudah siap menghadapinya dan hal itu tentu sangat membantu sekali dalam meminimalisir kemungkinan terjadinya korban. Kami dari BMKG akan selalu memberikan informasi baik itu melalui media sosial, berupa media cetak maupun media online, karena terkait informasi cuaca masyarakat sangat banyak yang membutuhkan terutama nelayan dan petani,” ungkapnya.

 

 

 

(Firmansyah/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *