Sekda Sibolga Irup HUT Pramuka ke 56

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga memeriksa barisan anggota pramuka. Foto: istimewa.

SIBOLGA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sibolga, Drs M Sugeng bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 56 Gerakan Pramuka yang di gelar di Lapangan Simare-mare, Kota Sibolga, Rabu (1/11/2017) sore.

Peringatan HUT Pramuka ini dihadiri ribuan anggota pramuka mulai tingkat penggalang, penegak dan pandega se-Kota Sibolga.

Walikota Sibolga, HM Syarfi Hutauruk selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sibolga dalam amanatnya yang dibacakan oleh sekretaris daerah mengatakan, gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang bertujuan mendidik dan membina generasi muda Indonesia menjadi manusia yang bertaqwa kepada pencipta dan memiliki kepribadian tangguh terampil serta berpengetahuan.

“Sejak berdiri pada tahun 1961 gerakan pramuka telah banyak melakukan perubahan dan melahirkan generasi muda yang handal, tumbuh sebagai tunas bangsa yang memiliki tanggung jawab, mengisi kemerdekaan bangsa dalam pembangunan nasional dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat. Tugas gerakan pramuka adalah menyiapkan kader terbaik yang mempunyai semangat dan nasionalisme dengan sikap yang tanggap menghadapi persoalan bangsa,” kata Sekda.

Kemudian kata Sekda, di usia ke 56 ini, gerakan pramuka diharapkan dapat menjadi motor penggerak perubahan sikap mental genarasi muda, melalui kegiatan yang positif, menarik dan inovatif, serta pola pembinaan yang menyenangkan.

“Kepada para adik-adik, banggalah menjadi anggota pramuka, teruslah belajar dengan berpegang kepada Tri Satya dan Dharma Pramuka. Adik-adik Harus belajar lebih keras untuk memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya, sehingga mampu bekerja untuk bangasa dan masa depan sendiri. Kepada para pembina dan pelatih terimakasih kami sampaikan, tetaplah menjadi pelatih dan pembina yang terus mengajarkan sikap tanggung jawab dan nasionalisme kepada anggota pramuka,” pintanya.

 

Foto: istiemwa.

 

“Atas nama Walikota Sibolga dan Pemerintah Kota Sibolga, kami menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke 56 Gerakan Pramuka. Jayalah Pramuka Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya, Putma Suryadi selaku ketua panitia mengatakan, HUT Pramuka tahun ini mengangkat tema ‘bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa’. Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 900 orang anggota pramuka dari masing-masing gugus depan se-Kota Sibolga. Kemudian dari Kabupaten Tapanuli Tengah, seperti SMA Matauli Pandan, SMP Al-Muslimin Pandan dan SMP N 2 Pandan.

“Seyogianya seluruh gugus depan terlibat dalam kegiatan ini, namun karena kurang pedulinya pembina gugus depan dalam mengakomodir keinginan peserta didiknya maka ada beberapa gugus depan yang tidak hadir seperti SMP Negeri 1 Sibolga, SMP Negeri 6 Sibolga, SMP Fatima Sibolga, SMA Negeri 4 Sibolga, SMK Negeri 3 Sibolga, MAN Sibolga, SMA HKBP Sibolga, SMK Khatolik Sibolga dan SMK AL-Ma’arif Sibolga,” bebernya.

“Terimakasih kami sampaikan kepada SMA Negeri 3 dan MA Darur Rachmad Sibolga yang turut memeriahkan acara ini,” tambahnya.

Amatan awak media, ribuan anggota pramuka yang berasal dari masing-masing gugus depan (gudep) yang berada di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah itu, antusias dan berbaris rapi saat mengikuti parade upacara. Kegiatan tersebut di akhiri dengan parade senja dan tarian Tao Toba oleh yang dibawa oleh SMA Negeri 3 Sibolga.

 

 

(ril/ren)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *