Dana Desa Sorkam Tengah Fokuskan Kesehatan Balita dan Pendidikan

  • Whatsapp
Warga yang sedang beRrjalan di proyek rabat beton.

SORKAM – Kepala Desa Sorkam Tengah, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rahmayani Hutagalung menjelaskan, bahwa tahun 2017 dana desa yang diterima oleh desa Sorkam Tengah sebesar Rp748.368.000. Dari dana yang diterima tersebut, desa Sorkam Tengah melaksanakan berbagai program kerja yang sebelumnya sudah disepakati dalam musyawarah desa.

“Kita melaksanakan pekerjaan sesuai dengan hasil musyawarah yang sebelumnya dilaksanakan oleh desa yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” jelas Rahmayani Hutagalung, Sabtu (03/11/2017).

Rahmayani didampingi BPD desa Sorkam Tengah Surianto Matondang saat dijumpai wartawan menerangkan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan desa melalui dana desa dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan masyarakat.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh diantaranya, Pengaspalan jalan di desa Sorkam Tengah dusun III dengan volume pekerjaan 219.30 meter, pagu anggaran Rp152.732.200, dana operasional Rp16.970.000, total dana yang dipergunakan untuk pengaspalan ini Rp169.702.200.

Kemudian, pembangunan rabat beton yang berada di dusun III dengan volume pekerjaan 346.60 meter anggaran yang dipergunakan untuk fisik adalah Rp282.346.800 untuk operasional Rp31.371.000, total dana yang diposkan untuk pembangunan Rabat beton ini Rp313.717.800. Ada juga penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan membeli barang penyewaan perkakas pesta dengan pagu anggaran Rp127.588.000, dan penyertaan modal BUMDES bersama sebesar Rp50.000.000, kegiatan PMT-AS dan balita, serta pelayanan pendidikan Keagamaan dan kegiatan lainnya.

“Kita tidak mengatakan, pekerjaan kita ini sempurna. Namun, setidaknya kita sudah melaksanakannya dengan baik, sesuai pemamfaatannya. Saya berharap, kiranya penegak hukum terus menerus memberikan arahan kepada kami para kepala desa, agar tidak menyalah gunakan dana desa yang diposkan terhadap desa kami masing-masing, terlebih di desa Sorkam Tengah. Saya juga perlu beritahukan, bahwa tahun 2016 yang lalu, desa kami juga telah melaksanakan pembangunan Rabat beton dengan volume 385 meter dan bangunan drainase sepanjang 700 meter,” tegas Kepala Desa yang diamini BPD nya.

Secara terpisah, salah seorang warga Sorkam Tengah Yudhil Sitompul saat diwawancarai wartawan mengaku, bahwa dengan penyaluran dana desa, secara jelas pembangunan di desa mereka kian terlihat jelas.

“Banyak perubahanlah pak, jalan kami semakin baik, parit juga sudah bagus, memang banyaklah perubahan di desa ini pak,”cetusnya singkat.

 

 

Penulis: Firmansyah Simatupang
Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *