Prof Lafran Pane Diberi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi

  • Whatsapp
Pengurus Majelis Daerah Koprs Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Tapsel menyambangi rumah kelahiran Prof Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Tapsel, Rabu (8/11/2017).

TAPANULI SELATAN – Pengurus Majelis Daerah Koprs Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Tapsel menyambangi rumah kelahiran Prof Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Tapsel, Rabu (8/11/2017).

Rombongan KAHMI Tapsel dipimpin langsung Borkat dan sekretarisnya Ahmad Efendi Nasution. Selain itu, terlihat juga hadir sejumlah unsur pengurus, disambut sanak saudara almarhum Prof Lafran Pane.

Bacaan Lainnya

Ketua MD KAHMI Tapsel Borkat mengatakan, rasa syukur dan bangga atas pemberian gelar pahlawan nasional kepada Prof Lafran Pane oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Kamis (9/11/2017).

“MD KAHMI Tapsel memiliki kebahagian lebih, karena Prof Lafran Pane sebagai pendiri HMI merupakan putra asli dan dilahirkan di bumi Tapsel, “ujarnya.

Disisi lain, Borkat mengatakan kunjungan mereka sekaligus upaya menunjukkan sisi lain dari almarhum Lafran Pane yang lahir di Tapsel dan berkarir serta wafat di Yogyakarta.

“Publik khususnya Tapsel harus tahu kalau pendiri HMI itu orang Tapsel, makanya kami sambangi rumah almarhum Lafran Pane di Desa Pangurabaan Sipirok,” ujarnya.

Diharapkannya, nama Lafran Pane dapat sesegera mungkin menjadi salah satu nama jalan di Ibukota Tapsel Sipirok sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum yang dilahirkan didaerah tersebut.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu yang juga kader HMI memang telah berjanji beberapa waktu lalu, akan menabalkan nama Lafran Pane sebagai nama salah satu jalan di Ibukota Tapsel.

“Mudah-mudahan dapat segera terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris MD KAHMI Tapsel Ahmad Efendi Nasution menambahkan, Lafran Pane merupakan tokoh prakarsa dan pendiri organisasi  HMI yang ditetapkan pada Kongres XI HMI tahun 1974 di Bogor.

 

 

Penulis: Ucok Siregar

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *