Antisipasi Kanker Serviks, Dinkes bersama Kejari Taput adakan Iva Test dan Pap Smear

  • Whatsapp
Dinkes Taput Bersama Kejari Adakan Iva Test dan Pap Smear.

TARUTUNG – Dinas Kesehatan bersama Kejari Taput melaksanakan kegiatan Iva Test dan Pap Smear. Kegiatan dilaksanakan kepada ibu-ibu agar terlepas dari penyakit kanker serviks. Kanker serviks diketahui penyakit mematikan nomor 4 terbesar di dunia.

Dalam kegiatan ini turut hadir Asisten 1 Parsaoran Hutagalung, Kejari Tarutung Hotma Tambunan,SH,M.Hum, Kepala Inspektorat Manoras Taraja,  Tim PKK, dr. Sasmito, Kepala Bidang P2P Risma Panjaitan,  Kepala Kantor BPJS Kesehatan Taput Ronal Siregar,  Ka. UPT. Puskesmas Butar drg. Johan Hutabarat, Ka. UPT. Puskesmas Sipultak dr. Elisabet, Ka. UPT. Puskesmas Siborong-borong dr. Ladingan Sianipar dan Tokoh masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak Kejari karena sudah peduli terhadap kesehatan masyarakat Tapanuli Utara terkhusus Kecamatan Pagaran, bukan hanya itu Bapak Kejari juga sudah beberapa kali menyelenggarakan Iva test di kecamatan lain seperti kecamatan Sipahutar, Siborongborong dan Pangaribuan,” ucap dr Janri Nababan. Kamis (9/11/2017).

Dia menyebutkan, bahwa Iva test ini serentak dilaksanakan di seluruh UPT. Puskesmas se – Tapanuli Utara.

“Iva test ini juga dilaksanakan di Puskesmas Se-Kab. Tapanuli Utara, kegiatan iva test ini dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53,” sebutnya.

Sementara itu Kejari Tarutung Hotma Tambunan mengatakan sangat senang dengan pelaksanaan Iva Test di Kecamatan Pagaran.

“Saya sangat senang melihat banyaknya para Ibu-ibu yang ingin diperiksa, dan saya harap ibu -ibu yang hadir tidak usah takut diperiksa, karena kegiatan pemeriksaan Iva Test ini sangat berguna bagi kesehatan Ibu agar terlepas dari penyakit Kanker Serviks, mengingat kanker Serviks ini merupakan penyakit mematikan  nomor empat terbesar didunia, dan saya berharap pemeriksaan Iva Test ini merupakan program unggulan Dinas Kesehatan tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Usai acara, Kejari Tarutung, Kadis Kesehatan, Kepala Inspektorat beserta Ka. UPT. Puskesmas memantau pemeriksaan Iva Test dan Pap Smear serta pemeriksaan Iva test tersebut.

 

 

Penulis: TS

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *