oleh

Harga Cabai Merah di Sibolga Tembus Rp60.000/Kg

SIBOLGA – Sepekan terakhir, harga cabai merah mengalami naik tajam hingga menembus ke level yang tinggi Rp 60.000/kg. Sontak, pembeli pun meradang dan terpaksa mengurangi porsi belanjanya.

“Biasa beli sekilo, karena harganya mendadak mahal terpaksa dikurangi jadi belinya seperempat kilo saja,” kata Winda Tanjung, usai membeli cabai merah dari salah satu lapak pedagang di Pasar Sibolga Nauli, Jumat (10/11/2017).

Eka, pembeli lainnya mengaku bingung karena cabai merah harus selalu tersedia di rumah.

“Cabai merah ini wajib ada di rumah. Jika tidak suami dan anak-anak jadi tak selera makan. Memasak ikan harus pakai cabai (disambal,red), kalau tidak pakai cabai tak ada yang mau makan,” ujarnya.

Terpisah, R br Situmeang, pedagang sayur dan bumbu dapur membenarkan terjadinya kenaikan harga cabai merah tersebut.

Sepekan lalu, harga jual cabai merah berkisar Rp28.000/kg, kemudian mengalami kenaikan menjadi Rp40.000/kg dan sekarang harganya variatif mulai Rp 56.000/kg hingga Rp60.000/kg.

“Kenaikan harga terjadi hampir setiap hari. Pembeli pun terpaksa mengurangi belanjanya, biasa membeli satu hingga dua kilogram, kalau sekarang paling hanya membeli seperempat kilogram saja,” terangnya.

Dia menambahkan, selain harganya yang mahal pembeli pun sepi. Terkadang, omset penjualan yang diperoleh tidak mencukupi biaya kebutuhan rumah tangga mereka.

“Sepi kali pembelinya. Lihat saja, banyak pedagang yang tidur-tidur. Ya, beginilah kondisinya,” ujarnya.

Pedagang lainnnya, Dewi pun mengakui hal yang sama. Bukan cuma harganya naik, pasokan cabai merah juga berkurang. Dia menduga, minimnya pasokan disebabkan faktor cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

“Sekarang lagi musim hujan, dan ini sangat mengganggu tanaman cabai. Maka pasokan pun jadi sedikit,” ucapnya.

Anehnya, harga bawang merah malah turun. Sebelumnya sempat bertahan di Rp35.000/kg. Sekarang turun menjadi Rp25.000/kg.

Pedagang dan pembeli berharap ada solusi mengatasi lonjakan harga tersebut. Apalagi, sekarang sudah mendekati akhir tahun dan diperkirakan terjadi lonjakan harga yang tinggi.

 

(red)

Komentar