Jangan Konsumsi Kuning Telur, Jika…

  • Whatsapp
ilustrasi. Foto: Int.

SNT Health – Telur terbagi atas putih dan kuning telur. Putih telur adalah sumber makanan yang bebas kolesterol dan lemak jenuh. Sedangkan, kuning telur mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi (sebanyak 275 mg).

Lalu, berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari? Rekomendasi umum untuk asupan telur adalah tiga butir telur dalam sehari.

Bacaan Lainnya

Jika Anda memiliki kolesterol yang tinggi, waspadai bagian kuning telurnya. Sebaiknya ambil bagian putih telurnya saja.

Selain membatasi kuning telur, penderita kolesterol tinggi perlu melakukan diet bebas lemak tersaturasi. Hindarilah daging merah dan produk susu. Sebaliknya, tingkatkan asupan makanan yang kaya omega-3 dan serat.

Cara memasak telur juga harus dicermati. Alih-alih menggoreng, Anda dapat memasaknya dengan cara poaching atau direbus. Bila digoreng, kandungan lemaknya akan meningkat sebanyak 50%.

Selain itu, Anda perlu memerhatikan jenis makanan lain yang disajikan bersama telur. Biasanya telur dihidangkan bersama makanan yang serba berminyak seperti nasi goreng, sosis goreng, kentang goreng, dan keju. Tentu saja ini dapat meningkatkan kolesterol Anda.

 

Oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *