Uji Kompetensi dan Sertifikasi Berbasis SKKNI Akan Digelar di Pandan

  • Whatsapp
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Tapanuli Tengah, Dedy Sudarman Pasaribu, SP. Foto: Kominfo.

PANDAN – Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan akan melaksanakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Berbasis SKKNI di Kabupaten Tapanuli Tengah pada tanggal 22-24 November 2017, yang diikuti oleh 35 orang calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi penyaringan oleh panitia dan gratis.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Tapanuli Tengah, Dedy Sudarman Pasaribu, SP. mengatakan, seleksi penyaringan bagi calon peserta yang akan mengikuti Uji Kompetensi dan Sertifikasi TIK, dimulai Senin, (13/11/2017) hingga Kamis, (16/11/2017). Hasil seleksi dapat diketahui pada hari Jumat (17/11/2017) melalui http://bbppki-medan.kominfo.go.id dan http://www.tapteng.go.id serta Facebook : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Tapanuli Tengah.

Bacaan Lainnya

“Informasi pengumuman seleksi penyaringan untuk mengikuti Uji Kompetensi dan Sertifikasi Berbasis SKKNI ini sudah dapat dilihat pada http://www.tapteng.go.id serta Facebook : Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Tapanuli Tengah,” ujar Dedy.

Dia menambahkan, pelaksanaan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Berbasis SKKNI ini dilaksanakan oleh BBPPKI Medan sebagai salah satu upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan daya saing angkatan kerja bidang TIK,yang diikuti oleh WNI termasuk warga masyarakat Tapteng sesuai syarat-syarat dalam pengumuman itu.

“Pemkab Tapteng sendiri telah mengajukan permohonan pelaksanaan Uji Kompetensi dan Sertifikasi berbasis TIK ini ke Kementerian Kominfo Republik Indonesia c/q BBPPKI Medan pada Pra Musrenbang Sumatera Utara Tahun 2017 yang lalu setelah kita lakukan permohonan ke BBPPKI Medan Oktober 2017 yang lalu untuk meningkatkan SDM bidang TIK dan perluasan kesempatan kerja dengan pengembangan daya saing SDM di Kab. Tapteng bagian dari upaya memberhasilkan visi dan misi Kab. Tapteng Tahun 2017-2022 bidang TIK di Kab. Tapteng,” tambahnya.

Dijelaskan, pelaksanaan Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK, sebagai salah satu upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan daya saing angkatan kerja maka BBPPKI Medan, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan mengadakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang TIK secara gratis.

“Untuk bidang-bidang keahliannya meliputi Jaringan Komputer (Cluster Junior Networking)/Junior Network Administration, Programmer (Cluster Junior Programming), Multimedia (Cluster Junior Multimedia, Operator (Cluster Computer Operator Assistant) / Practical Office, Desain Grafis (Cluster Fundamental) / Junior Graphic Desain, Technical Computer Support (Cluster Basic Computer Assembling) / PC Technican,” beber Plt Kadis Kominfo.

Katanya lagi, untuk persyaratan calon peserta minimal lulusan SMK, D1, D2, D3, dan S1 Komputer / Bidang TIK dengan nilai rata-rata 7 Bidang TIK, Memiliki pengetahuan di bidang yang dipilih, Usia calon peserta saat ini maksimal 29 tahun.

“Calon peserta melampirkan scan administrasi berupa KTP 1 lembar, Izajah 1 lembar, Transkip Nilai 1, lembar, Pasphoto 3 x 4 1 lembar dan dikirim ke e-mail : parl004@kominfo.go.id. Waktu registrasi sejak hari Senin, 07 November 2017 sampai dengan Kamis 16 November 2017,” jelasnya.

 

(ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *