OTK Tawarkan Bantuan Lansia Rp2,5 Juta, warga Pinangsori Nyaris Tertipu

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto: OkeZone/int.

PINANGSORI – B.Panggabean warga lingkungan VII Pagar Batu, Kelurahan Pinangbaru, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, nyaris tertipu oleh seorang pengendara sepeda motor yang menawarkan akan mendapat bantuan dari pemerintah untuk lanjut usia sebesar Rp2.500.000,-. Beruntung B.Panggabean tidak sempat tergiur bujukan pria tak dikenalnya itu.

Panggabean pun menceritakan kronologinya kepada wartawan, Selasa, (14/11/2017).

“Awalnya orang yang tak saya kenal itu datang di depan rumah pada sore hari sekitar pukul 17.30 Wib sore. Dia sendiri naik sepeda motor warna hitam. Jenis sepeda motornya seperti Vixion. Tapi tak ada nomor plat kenderaannya, ia pakai jaket dan helm tutup warna hitam,” ungkap B.Panggabean kepada wartawan mengawali keterangannya kepada awak media di salah satu warung didaerah itu, kemarin.

Katanya lagi menjelaskan, Dia hampir saja termakan bujuk rayuan  Orang Tak Dikenal (OTK) tersebut.

“Kalau OTK tersebut datang tiba-tiba ke depan rumah dan mengatakan akan mendata keluarga tersebut secara rahasia karena dapat bantuan dari pemerintah untuk Lanjut Usia (Lansia) sebesar Rp.2.500.000,’/orang dengan catatan menyetor uang muka dulu untuk biaya Administrasi,” ujarnya.

Kemudian diceritakannya, pria tersebut langsung bertanya apa masih punya tanggungan atau tidak.

“Lalu saya menjawab iya, serta saya persilahkan untuk masuk ke rumah tapi dia menolak dan hanya duduk diatas keretanya (Sepeda Motor, red),” terangnya.

Menurutnya, maksud kedatangan nya untuk mendata keluarga B.Panggabean karena ada bantuan untuk lanjut usia.

“Jumlah yang di janjikan kemarin akan kami terima itu Rp2,5 juta. Namun kita di suruh bayar dulu uang mukanya untuk mengurus administrasi dan perongkosan anggotanya untuk datang menyerahkan uang tersebut nantinya,” ungkap Panggabean menjelaskan.

Namun Panggabean tidak tergiur dengan tawaran itu. Lantas Dia mengatakan menerima bantuan itu dahulu baru memberikan uang yang diminta pria tersebut.

“Saya curiga ,katanya bantuan tapi minta uang untuk ongkos, dan suara kita jangan keras-keras katanya. Nanti di dengar tetangga. Ini rahasia katanya…Dan saya bilang, kutanya dulu sama keponakan ku, eeeh..dia malah langsung pergi tanpa pamitan lagi,”jelasnya.

Ia menghimbau warga di Tapanuli Tengah untuk tetap waspada.

“Mana tau pria misterius itu melancarkan aksinya di daerah-daerah lain di Tapteng, untuk waspada supaya tidak tertipu dengan iming-iming pemberian bantuan,” pintanya.

 

Penulis: Job Purba

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *