Dengan ADD, Desa Aek Raso Terus Berbenah Membangun Desa

  • Whatsapp
Warga Masyarakat Desa Aek Raso saat turut serta bekerja di proyek dana desa.

TAPANULI TENGAH – Tahun ini Desa Aek Raso, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menerima Anggaran Dana Desa (ADD) senilai Rp 764.311.000. Dengan dana yang terbilang cukup besar itu, warga Desa Aek Raso memanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat dan pembangunan fisik yang dibutuhkan warga.

Seperti pembangunan infrastruktur dan juga pembangunan irigasi yang sudah dalam tahap penyelesaian.

Sesuai dengan penjelasan Kepala Desa Aek Raso, Asler Simatupang yang dijumpai wartawan dikediamannya menerangkan, bahwa selama tahun 2017 mereka mendapat Dana Desa sebesar Rp764.311.000.

Dari total dana desa inilah dibagi kedalam beberapa kegiatan, diantaranya, pembangunan saluran Irigasi desa Aek Raso di dusun II dengan volume pekerjaan 38 meter, alokasi dana yang dipergunakan untuk membangun saluran Irigasi ini sejumlah Rp191.978.000, didalamnya sudah termasuk biaya Operasional.

Kemudian pembangunan jalan desa dengan volume pekerjaan 496.40 meter, dana yang dialokasikan sebesar Rp341.470.000 termasuk dana Operasional. sementara dibidang Pemberdayaan adalah peningkatan kapasitas aparatur desa dengan pagu anggaran Rp14.200.000, pelatihan dan pendidikan formal pagu anggaran senilai Rp47.460.000.

Penyuluhan hukum dalam rangka pemberdayaan pengembangan sistem administrasi keuangan desa dengan alokasi dana sebesar Rp9.100.000, kemudian dana penyertaan modal BUMDes demi meningkatkan ekonomi masyarakat desa lewat pembelian perkakas pesta, dana yang dialokasikan adalah Rp153.503.000.

“Sampai saat ini, desa kami masih tahap berbenah diri, dalam pelaksanaan serta penggunaan dana desa. Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten dibawah kepemimpinan pak Bahktiar yang selalu meninjau dan memberikan pengarahan kepada kami dalam melaksanakan pembangunan ini, saya berterimakasih atas keterlibatan, Kejaksaan, Polres Tapteng, PMD, Camat, Inspektorat serta para pendamping desa yang selalu setia membantu kami,” ungkap Kepala Desa yang diamini oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Aek Raso Samperius Saruksuk, Rabu (15/11/2017).

Senada dengan itu, Darlin Manalu salah seorang warga Aek Raso mengungkapkan dapat merasakan langsung manfaat pembangunan dana desa tersebut. Dan untuk melakukan pengangkutan hasil panen tidak bersusah payah lagi seperti sebelumnya.

“Tentulah senang pak, sekarang jalan kami sudah mulus untuk dilintasi menuju kebun kami masing-masing. Dulu kalau pake roda 2, kami takut melintasi, tapi kalau sekarang, jalannya sudah cukup bagus, kita sudah nyaman untuk melintasi. Selain dalam pemanfaatan, tentu dari pekerjaan, kami juga terbantu, karena jika dana desa turun, masyarakat berhak turut serta ikut dalam bekerja,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Firmansyah

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *