Tahun 2018, RSUD Dolok Sanggul “Ganti Baju” Menjadi BLUD

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Humbahas, dr Budiman Simanjuntak, MKes.

DOLOK SANGGUL – Amanah Undang-undang Nomor 1 Tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD), RSUD Dolok Sanggul harus “ganti baju” menjadi BLUD untuk peningkatan dan efesiensi pelayanan publik.

Hal itu dikatakan dr Budiman Simanjuntak Kadis Kesehatan Humbang Hasundutan (Humbahas) kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (22/11/2017).

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan pedoman teknis RSUD Dolok Sanggul menjadi BLUD, harus memenuhi persyaratan substansif, teknis dan administratif untuk diusulkan setelah mendapat pertimbangan dari tim penilai dengan bentuk rekomendasi. Tujuan pedoman penilaian untuk tersedianya acuan bagi tim penilai dalam melakukan penilaian atas usulan SKPD atau unit kerja pada SKPD, tersusunnya instrumen penilaian bagi tim penilai sesuai dengan krakteristik dan potensi daerah dan terjaganya objektivitas,transparansi dan kualitas penilaian,” tukasnya.

Budiman menambahkan, bahwa banyak keuntungan jika rumah sakit menjadi BLUD. Selain dapat mengelola keuangannya sendiri, karena pola pengelolaan dibentuk untuk pelayanan kepada masyarakat berupa penyedian jasa atau barang yang diberikan tanpa mengutamakan keuntungan, namun lebih kepada pengelolaan berdasarkan prinsip efisiensi dan produktivitas.

“Semua kegiatan yang meyangkut pelayanan publik, birokrasinya akan dipangkas, untuk belanja barang, tidak harus menunggu lama, bisa langsung dibelanjakan. Demikian juga halnya untuk kesejahteraan tenaga medis, seperti dokter dan perawat serta pegawai rumah sakit juga lebih tinggi, sudah bisa ditentukan oleh direktur, untuk mendukung pelayanan kepada pasien juga lebih optimal,” imbuhnya

Sebelumnya, Syahruddin Hamzah, pengurus Asosiasi Rumah Sakit Daerah seluruh Indonesia (ARSADA) Senin (20/11/2017) di Dolok Sanggul mengatakan, persepsi masyarakat terhadap mutu layanan Rumah Sakit (RS) Pemerintah biasanya di bawah RS Swasta. Dengan BLUD ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat semakin maju. Untuk itu PPK-BLUD harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM, apalagi dalam laporan kinerja dituntut untuk cepat tepat dan benar sehingga diperlukan pelatihan bagi SDM yang ada.

Lanjut Ketua Forum Komunikasi Pejabat Keuangan BLUD RSUD, bahwa PPK-BLUD bertujuan memberikan pelayanan umum secara lebih efisien dan efektif sejalan dengan praktek bisnis yang sehat, tidak mengutamakan pencarian keuntungan tapi efektifitas dan efisiensi serta kualitas pelayanan umum. Dengan pelayanan yang baik tentu RSUD Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan akan menjadi pilihan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

 

Laporan: And

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *