Resmikan Terminal Internasional Bandara Silangit, Presiden Jokowi: Bukka ma pittu, bukka ma harbangan

  • Whatsapp
Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Silangit, Jumat, 24 November 2017.

TAPANULI UTARA – Terminal Internasional Bandara Silangit di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat, (24/11/2017). Pada peresmian itu, Presiden Jokowi berbahasa Batak.

Presiden Jokowi disambut dengan musik dan tarian kha Batak, dan sebelum peresmian Terminal Internasional Bandara Silangit, Presiden Jokowi terlebih dahulu melihat Maket pembangunan bandara tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tujuh puluh empat ribu tahun silam, wilayah Danau Toba yang indah ini lahir dari letusan mahadahsyat dan dampaknya terasa ke seluruh dunia. Sekarang, kita sedang membuat ledakan baru di pariwisata dunia. Saat gerbang menuju keindahan Danau Toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan seni budaya suku-suku di Tano Batak terbuka lebar,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Bandara Silangit akan menjadi pintu gerbang bagi wisatawan. Selain itu, juga menjadi gerbang kreativitas dalam pelestarian adat Batak.

“Gerbang untuk Marsipature Hutanabe atau membangun kampung halaman dan terutama gerbang menuju peningkatan kemakmuran masyarakat seluruh Tano Batak,” katanya.

Bukka ma pittu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hopal habang internasional,” tambah Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Jokowi kemudian melanjutkan pernyataannya dalam bahasa Batak, yang artinya agar burung-burung terbang beritakan kabar baik ini ke seluruh dunia.

Pidong na habang, pasarma barita on tu luat portibi,” katanya.

Selanjutnya Jokowi meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit tersebut dilanjutkan dengan memukul gondang, alat musik tabuh khas Batak.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya nyatakan Terminal Internasional Bandara Silangit resmi dibuka,” katanya.

Horas Tondi Madingin Pir Tondi Matogu, Mauliate (kita akan selalu sejahtera menggunakan bandara ini secara lahir dan batin, terima kasih),” tambah Jokowi. (dtc/int/ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *