Sat Narkoba Polresta Psp Gagalkan Peredaran Narkoba, Tujuh Tersangka Ditangkap

oleh
Barang bukti 5 bal dan ke tujuh tersangka diamankan di Mapolres Kota Padangsidimpuan, Jumat, 24 November 2017.

PADANGSIDIMPUAN – Petugas Satuan Narkoba Polresta Padangsidimpuan menangkap tujuh tersangka kepemilikan narkoba jenis ganja, Jumat, (24/11/2017) sekira pukul 01.00 WIB.

Ke tujuh tersangka ditangkap di daerah Jalan Sutan Parlaungan Harahap, Kelurahan Panyanggar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, yakni Abdul Rahim Lubis (33), warga Jalan Sudirman Kelurahan Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.

Kemudian Fian Nainggolan (35) warga Jalan Sibolga, Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Parlindungan Siregar (38) warga Jalan Ompu Sarudak, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Saipul Bahri (22), warga Jalan Sibolga, Desa Palopat Maria, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan.

Selanjutnya, Mulhan Ritonga (35), warga Jalan Sibolga Km. 8, Desa Sitaratoit Kecamatan Angkola Julu, Kabupaten Tapanuli Selatan, Feri Hamsah Harahap (26), warga Jalan Siharang Karang, Desa Huta Padang Jae, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Amru Hasibuan (41 ) warga Desa Lobu Layan, Kecamatan  Padangsidimpuan Hutaimbaru, kota Padangsidimpuan.

Informasi diperoleh, dari para tangan tersangka ditemukan barang bukti lima Bal narkotika jenis ganja dan satu unit mobil penumpang merk Daihatsu Type Grandmax Nopol. BB 1014 FP yang di gunakan untuk mengangkut narkoba tersebut beserta uang sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah).

 

 

Penangkapan ke tujuh tersangka dibenarkan oleh Kasat Narkoba Polres Kota Padangsidimpuan AKP CJ Panjaitan.

“Pada hari Jumat tanggal 24 November 2017 sekira Pukul 00.10 WIB mendapat informasi bahwa ada beberapa orang laki-laki menjual narkotika golongan I jenis ganja, kemudian petugas melakukan penyelidikan dengan undercover buy untuk membeli narkotika golongan I jenis ganja,’ kata CJ Panjaitan.

CJ Panjaitan menuturkan, setelah disepakati, petugas kemudian melakukan transaksi di Jalan Sutan Parlaungan Harahap, Kelurahan Panyanggar, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Tak mau buruannya lepas, petugas mendatangi lokasi dimaksud dan melihat satu unit mobil angkutan dan ditumpangi tujuh orang laki-laki.

“Kemudian petugas kita melakukan penangkapan, dan setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan 5 bal narkotika golongan I jenis ganja berada di atas bak sebuah mobil. Saat ini ketujuh tersangka dan barang bukti  diamankan ke Mapolres Kota Padangsidimpuan untuk  dilakukan pengembangan lelanjutnya,” ungkap Kasat Narkoba.

Dia menerangkan, bahwa pemilik barang tersebut adalah tersangka Amru Hasibuan yang merupakan pedagang Buah Salak di daerah Sigli Aceh, sedangkan tersangka Mulhan Ritonga dan Feri Hamsah Ritonga ikut serta menjualkan narkotika tersebut kepada pembeli.

Sedangkan Fian Nainggolan melakukan permufakatan mencari orang-orang yang akan membeli bersama tersangka Abdul Rahim Lubis, dan Parlindungan Siregar serta Saipul  Bahri Nasution diajak oleh tersangka Fian Nainggolan untuk turut serta melakukan permufakatan jual beli narkotika.

“Atas kejadian tersebut tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Maporlesta Padangsidimpuan. Pasal yang di tuduhkan kepada para tersangka adalah pasal 132 ayat (1) jo Pasal 114 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kemudian, subsider nya dipatok pasal 112 UU narkotika karena ada  permufakatan jahat dalam perkara narkoba, seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 114 dan 112 UU Narkotika. Intinya, dalam unsur pasal itu jelas menegaskan bahwa berniat untuk melakukan permufakatan jahat, sudah bisa dihukum. Hal ini juga termasuk dalam Pasal 132 dan Pasal 55 dalam UU yang sama,” pungkasnya.

 

Laporan: Ucok Siregar

Editor: ren

2 thoughts on “Sat Narkoba Polresta Psp Gagalkan Peredaran Narkoba, Tujuh Tersangka Ditangkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *