Peruntukan Dana Desa Tahun 2018 Dibahas di Kantor Camat Pinangsori

  • Whatsapp
Camat Pinangsori Sunardi meneyrahkan mandat kepada para pelaku Program Inovasi Desa, dikantor Camat Pinangsori, Sabtu, (25/11/2017).

PINANGSORI – Camat Pinangsori Sunardi SSos memimpin musyawarah Program Inovasi Desa (PID) di aula kantor camat setempat, Sabtu (25/11/2017) dimulai pukul 14.00 WIB. Acara bertujuan untuk memotivasi masyarakat pedesaan melalui program dana desa agar lebih baik.

Turut hadir para kepala desa di wilayah Kecamatan Pinangsori, serta tim dari tingkat kabupaten, yakni Ahmad Rifai dan Almaida Pohan. Kedua tim itu bertindak sebagai tehnik dan pendamping pelaksanaan program dana desa.

Kedua tim inovasi desa dari tingkat kabupaten tersebut dalam paparannya dihadapan peserta musyawarah mengemukakan, bahwa dana desa yang akan dikelola kepala desa pada tahun 2018 nanti mendapat angin segar dari pemerintah, sehingga diharapkan penggunaannya dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan masyarakat di pedesaan.

Dijelaskan juga, bahwa program dana desa mengacu pada pemberdayaan masyarakat desa melalui anggaran dana desa. Tidak saja untuk pembangunan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha-usaha yang dikembangkan di desa itu sendiri.

“Maksud dan tujuan inovasi musyawarah ini adalah menyampaikan kepada kita bahwa ada program baru untuk mempercepat penyerapan penggunaan dana desa, sehingga dapat menekan angka pengguran di pedesaan,” kata Ahmad Rifai mengawali keterangannya.

Dia mengungkapkan, bahwa 70 persen masyarakat yang tinggal di pedesaan tidak memiliki penghasilan menetap.

“Jadi lewat program ini kita mampu memperdayakan masyarakat itu, sehingga dapat membangkitkan perekonomian maupun pendapatan masyarakat di pedesaan,” tambahnya.

Katanya lagi, bahwa musyawarah inovasi desa mengacu pada cara, atau pendekatan yang berbeda dari pada biasanya.

“Inovasi ini mengacu pada cara, atau pendekatan yang berbeda dari biasanya yang ditempuh oleh masyarakat ataupun instansi dalam menjawab permasalahan/tantangan yang dihadapi. Dan terbukti berhasil,” imbuhnya.

Di acara ini, para pelaku program inovasi desa (PID) juga dibentuk. Mereka nanti sebagai penggali ide dan penyambung aspirasi warga desa untuk pemberdayaan ke setiap desa di kecamatan itu.

 

Ketua:
Wilson Simanungkalit (Desa Gunung Marijo).

Bendahara:
Tutri Sitohang (Desa Toga Basir)

Tim 3:
A Zai dan Rohana (Desa Parjalihotan).

Tim survey:
Siswandi (Parjalihotan )
Yafao Batee (Danau Pandan)
Reslina Batubara (Gunung Marijo)

Mandat Penggali Inovasi Desa ini diserahkan oleh Camat Pinangsori.

Laporan: Job Purba
Editor:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *