Petani Padi di Pinangsori Mengeluh, Susah Kita Menghadapi Tikus dan Burung…

  • Whatsapp
Petani saat kembali dari areal sawah mereka. Foto: Dok SNT/Job Purba.

TAPANULI TENGAH – Puluhan petani padi yang berada disekitar Bandara Dr.FL.Tobing Pinangsori, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, mengeluh, akibat serangan hama tikus yang menyerang padi mereka.

Para petani ini merasa akan sangat terganggu apabila musim bulir padi keluar dibarengi pula dengan datangnya hama tikus.

Bacaan Lainnya

Ternyata tak hanya serangan hama tikus, ulah burung juga turut serta menggangu pertumbuhan tanaman padi para petani didaerah itu.

Marta boru Sihombing (62) mengatakan kalau untuk tingkat keberhasilan dari panen padi tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Terlihat karena ukuran bulir padi yang keluar saat ini, cukup bagus dan sangat baik .

“Molo sinuaeng do, umbagak do hurasa sian ari nasalpu. Ta berengma, alani bagak ni biur nai. Molo ari nasalpu dang pola songonon bagakna eme nami on. (Kalau sekarang, boleh kita lihatlah, bagusan sekarang Padi nya daripada tahun sebelumnya),” ungkanya saat ditemui awak media ini diareal persawahan tersebut, kemarin.

 

 

Nenek Boru Sihombing ini juga menyatakan kalau saat ini, selain mengusir burung-burung, Dia juga kewalahan menghadapi serangan hama tikus yang menyerang tanaman padinya.

“Apporik pe nuaeng on ngaborat ni jaga, tambah muse mocci. Ido na pala loak iba di baen. (Burung saja sudah susah kita menghadapinya, ditambah lagi tikus-tikus yang memakan padi kita),” tambahnya.

Amatan awak media, diperkirakan sekitar mdua atau minggu kedepan, petani akan panen. Tampak padi sudah mulai menguning.

“Kalau pas waktunya, dua minggu lagi lah Pas, ini panen. Kalau luasnya kurang lebih 6 hektar, tapi semua ya!. Bukan cuman punya kita ini lah, tapi seluruhnya lah.!,” ucap petani padi lainnya Pak Panggabean menimpali.

Informasi diperoleh, ada sekitar 23 orang pemilik sawah di hamparan ini, dan diperkirakan akan panen di awal Desember nanti.

Para petani di sini juga merasa bersyukur untuk saat ini, dan mudah-mudahan hasil panen bisa meningkat.

“Yah, dengan seperti ini kita lihat sekarang, mudah-mudahan hasil panennya nanti lumanyan lah,” ujar petani lainnya.

Laporan: Job Purba
Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *