Wanita Asal Kepulauan Riau Ini Miliki Jenggot Layaknya Pria

  • Whatsapp
Agustina Dorman warga Desa Penaga, kabupaten Bintan, Kepulauan Riau yang memiliki jenggot. Foto: doktersehat.com.

SMARTNEWSTAPANULI.COM – Seorang wanita bernama Agustina Dorman warga Desa Penaga, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, cukup dikenal luas diaerah itu. Pasalnya, kondisi fisik Dorman berbeda dengan kebanyakan wanita pada umumnya.

Dorman memiliki jenggot layaknya pria. Tidak ada yang berbeda dari kepribadian Dorman. Dia tetap menjalani kehidupannya seperti wanita biasa.

Dilansir dilaman doktersehat.com, sejak dilahirkan hingga menikah, Agustina mengaku tidak mengalami hal aneh apapun pada wajahnya. Hanya saja, saat anak pertamanya berusia 3 tahun, Ia mulai menemukan beberapa bulu yang tumbuh di dagunya.

Dia tidak menyangka, bulu-bulu ini terus bertambah dan makin tebal layaknya jenggot yang dimiliki oleh pria. Ia pun mulai merasa risih dan akhirnya mencukur jenggot tersebut. Sayangnya, Ia justru mengalami masalah kesehatan layaknya haid yang tidak kunjung berhenti selama 3 bulan. Setelahnya, Ia pun memilih untuk tidak lagi mencukur habis jenggotnya karena takut kembali jatuh sakit.

Pada awalnya, Agustina mengaku tidak percaya diri dengan kondisi fisiknya ini. Ia bahkan sempat takut keluar rumah dan bergaul dengan tetangga. Namun, kini Ia memilih cuek jika ada orang yang memandang aneh pada dirinya.

Saat akan melahirkan anak keduanya melalui prosedur operasi cesar, Agustina mengaku sempat mengalami kejadian lucu. Petugas medis yang menanganinya sempat kebingungan karena menganggap dirinya adalah seorang pria yang tentu tidak mungkin hamil apalagi membutuhkan operasi cesar.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa kemungkinan mengapa ada wanita yang bisa memiliki kumis atau jenggot seperti yang dialami oleh Agustina ini. Penyebab pertama adalah tubuh wanita yang memiliki hormon androgen dengan berlebihan. Biasanya, hormon androgen pada tubuh wanita hanyalah 10 persen dari yang dimiliki oleh tubuh pria. Namun, karena tubuh wanita memproduksinya dengan berlebihan, maka Ia pun mengalami kondisi berjenggot atau berkumis.

Penyebab lain dari munculnya jenggot atau kumis adalah penyakit seperti Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) dan congenital adrenal hyperplasia (CAH). Selain itu, konsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan steroid dengan berlebihan juga bisa menjadi penyebabnya. (int/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *