Miliki Sabu-sabu, ASN Pemko Sibolga Ini Ditangkap

  • Whatsapp
Tersangka JAS (Baju Merah).

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Personil Sat Narkoba Polres Sibolga menangkap warga berinisial JAS alias A (36) warga Jalan Sibolga-Barus, Desa Mela II, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (21/11/2017) sekitar pukul 01.00 WIB ketika sedang duduk-duduk di atas becak bermotor atas dugaan kepemilikan narkotika jenis sabu. Tersangka merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemko Sibolga.

Kasubbag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin kepada Smart News Tapanuli, Senin (27/11/2017) menjelaskan, penangkapan tersangka berawal ketika petugas mendapat informasi bahwa di seputaran Jalan Brigjend Katamso Kota Sibolga ada masyarakat yang memiliki narkoba. Berdasarkan informasi tersebut, Kasat Narkoba AKP DP Sinaga SH kemudian memerintahkan KBO Narkoba Ipda Mega Putra untuk melakukan lidik.

“Sekira pukul 01.00 WIB petugas melihat orang yang dicurigai berada di lokasi target, dan melihat seorang laki-laki sedang duduk di atas betor dan kemudian mengamankannya,” kata Sormin.

Setelah digeledah, petugas mendapati 1 bungkus kecil sabu-sabu dibawah tempat duduk betor yang terbungkus plastik bening. Selain itu, ditemukan juga 1 buah mancis, 1 buah kompor alat membakar sabu-sabu.

Kronologis penangkapan JAS, kata Sormin, ketika tersangka mengemudikan betor di Simaremare Sibolga, kemudian ada seorang laki-laki yang tidak dikenal minta diantarkan ke arah Tangga Seratus. Kemudian di persimpangan Tangga Seratus laki-laki tersebut turun, dan tersangka membawa betornya ke Jalan Brigjend Katamso Sibolga, dan dengan jarak lebih kurang 30 meter tersangka menghentikan betornya.

“Dan tak lama kemudian petugas datang dan mengamankan tersangka. Ketika digeledah, ditemukan sabu-sabu. Setelah urine tersangka ditest, mengandung Amphetamine,” terang Sormin.

Sormin menjelaskan, dari hasil interogasi, tersangka mengaku tidak mengetahui pemilik sabu-sabu itu. Namun dari keterangan tersangka, bahwa ketika laki-laki dibawa, tidak ada memasukkan benda sabu-sabu, dan sabu-sabu ditemukan di bawah bangku betor.

“Pengakuan JAS, ia membeli narkoba sudah enam kali dari orang yang identitasnya telah dikantongi dengan kisaran harga Rp100.000, dan sudah habis dikonsumsi. Tersangka terakhir menggunakan sabu-sabu pada hari Sabtu (18/211/2017) pukul 20.00 WIB di Jalan Santeong Sibolga,’ ujarnya.

Tersangka telah ditahan di RTP Polres Sibolga, diduga melanggar pasal 112 ayat (1) Jo pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.

Barang bukti yang diamankan dari tersangka JAS, yakni 1 bungkus kecil sabu-sabu yang terbungkus plastik warna bening setelah ditimbang beratnya 0,1 gram, 1 buah pipet plastik menempel gulungan kertas timah rokok warna perak, 1 buah mancis gas merk Neolite, uang sebanyak Rp40.000, 1 unit betor Honda Mega Pro warna hitam BB 5211 NL. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *