BMKG Pinangsori: Gelombang Laut Capai 3 Meter

  • Whatsapp
Plank BMKG Pinangsori.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menyebutkan, ada perkiraan gelombang terjadi antara 0,7 hingga 3.5 meter di perairan Kepulauan Nias-Sibolga dan Tapteng serta di Samudera Hindia Barat, dan angin diatas perairan Sumatera pada umumnya bertiup dari Barat Laut menuju Utara dengan kecepatan 08-25 Knots.

“Secara umum keadaan cuaca untuk Sibolga Tapteng ini, dalam keadaan Berawan, dan kemungkinan sampai tiga hari kedepan gelombang air laut bisa mencapai 0.7 sampai 3.5 meter. Kemungkinan bisa lebih. Untuk kecepatan angin sampai 25 knots,” ungkap petugas Perakiran Cuaca dari BMKG Pinangsori, Amidyiah Maharani (23) Forcaster on Duity di Kantornya saat di konfirmasi awak media ini, Selasa (28/11/2017).

Bacaan Lainnya

 

 

Senada juga di katakan oleh Kepala BMKG Pinangsori Marolop Rumahorbo di Kantornya, ia menghimbau agar masyarakat yang berada di pegunungan dan dataran rendah serta di sekitar pinggir laut agar lebih waspada, mengingat cuaca dan situasi iklim yang saat ini kurang menentu.

“Untuk masyarakat pegunungan waspada lah pada perbukitan yang rawan longsor, dan bagi masyarakat di dataran rendah agar lebih kepada membersihkan selokan atau parit-parit yang ada. Dimana intensitas hujan yang pada saat sekarang ini cukup tinggi. Untuk masyarakat yang ditepi laut atau pinggir pantai, kita himbau agar lebih hati-hati terhadap gelombang laut yang kita lihat dan terpantau oleh BMKG akan ada gelombang tinggi. Jadi bagi para nelayan kita harapkan agar lebih waspada terhadap kemungkinan kemungkinan cuaca ini,” katanya saat memberikan keterangan ketika di temui di kantornya.

 

Kepala BMKG Pinangsori Marolop Rumahorbo. Foto: Job Purba/SNT.

 

Informasi yang diperoleh dari BMKG Pinangsori, bahwa untuk prakiraan cuaca dari Instansi ini menyebutkan, cuaca mendominasi hujan ringan dan lebat akan mengisi bulan Desember 2017 hingga Februari 2018.

Pihak BMKG juga mengeluhkan masalah akses komunikasi jaringan yang agak terganggu akibat keadaan cuaca ini.

Kedatangan awak media ke kantor BMKG di Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah ini di sambut baik dan hangat oleh pihak Instansi ini. Mereka berharap lewat media ini ,masyarakat akan lebih mengetahui prakiraan cuaca, 2 sampai 3 hari kedepan.

“Sebenarnya kita tiap hari rilis itu keadaan cuaca untuk Sibolga dan Tapanuli Tengah dan untuk Bandar udara Dr.Fl.Tobing sendiri. Kita hanya bersifat memberikan ramalan cuaca ke depan, dan itu bukan patokan untuk penerbangan mereka. Tapi kami juga dari Pihak BMKG di sini mengucapkan terimakasih untuk kunjungannya, semoga selanjutnya akan ada komunikasi yang baik dengan kita dari BMKG dan pihak media dalam memberikan informasi pada masyarakat luas melalui pemberitaan,” jelas M.Rumahorbo .

 

Laporan: Job Purba
Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *