oleh

Truk Logging Terbawa Longsor, Segar Simamora Tewas Dalam Jurang

SMARTNEWSTAPANULI.COM, DOLOK SANGGUL – Tebing Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Dolok Sanggul-Sidikalang, tepatnya di lintasan Dolok Partangisan, Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara (Sumut) mengalami longsor, Senin (27/11/2017) sekira pukul 19.30 Wib.

Atas peristiwa itu, Segar Simamora (21) supir truk Mitra TPL tewas setelah mobil yang dikendarainya terbawa longsor kedalam jurang sedalam 50 meter.

Kepala Desa Hutajulu, Saurma Saulus Lumban Gaol kepada wartawan via ponselnya, kemarin, membenarkan peristiwa tersebut.

Katanya truk logging mitra TPL yang bermuatan kayu ekaliptus itu terbawa longsor kedalam jurang saat melintasi lokasi kejadian.

“Sebelum kejadian, 2 hari terakhir, hujan terus mengguyur kawasan Pollung dan sekitarnya, naas bagi korban, saat melintasi di Dolok Partangisan, tebing jalan mengalami longsor sehingga mobil truk logging bermuatan ekaliptus terbawa longsor tanah ke dalam jurang sedalam 50 meter yang menyebabkan korban tewas,” jelasnya.

Pasca longsor, kata Saurma, Jalinsum tersebut sempat lumpuh total. Namun berkat kerja keras warga setempat dan pihak terkait, jalan tersebut bisa dilintasi sekitar pukul 21.30 WIB.

Katanya lagi, bahwa sejauh ini, mobil truk mitra TPL dan muatan kayu ekaliptus belum di evakuasi dari dalam jurang.

Senada juga disampaikan, Kapolsek Pollung Iptu Nover Gultom. Katanya, longsor di perlintasan Dolok Partangisan tersebut mengakibatkan Jalinsum lumpuh total. Sementara 1 unit kendaraan logging pengangkut kayu tertimbun longsor dan terjatuh kedalam jurang sekira 50 meter. Longsor tersebut mengakibatkan supir yang mengendarai kendaraan tersebut meninggal dunia.

Saat ini korban (supir) tersebut dibawa ke RSUD Dolok Sanggul dan kendaraan yang tertimbun longsor sampai saat ini masih belum diangkat dari jurang namun alat berat sudah beroperasi untuk membersih kan timbunan tanah diatas jalan lintas.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Humbahas melalui Kabid Kedaruratan, Astri Sitompul saat dikonfirmasi wartawan mengaku sudah mengkoordinasikan penanganan longsor tersebut dengan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah II Medan melalui dinas PU Provinsi.

“Pasca kejadian, kita langsung koordinasi dengan pihak PU Provinsi dan BBPJN wilayah II Medan untuk penanganan,” ujarnya. (And/ren)

Komentar