oleh

Angka Kecelakaan Tinggi, PT Jasa Raharja Gelar Sosialisasi

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Tingginya angka kecelakaan, menjadi perhatian serius PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Perwakilan Padangsidempuan.

Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditugasi menyantuni korban kecelakaan lalu lintas, PT Jasa Raharja merasa perlu melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi yang dimaksud adalah tentang hak dan kewajiban masyarakat apabila mengalami kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum, Rabu (29/11/2017).

“Setiap korban kecelakaan lalu lintas berhak mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja kecuali laka tunggal,” ucap Fahmi Amsari selaku Penanggungjawab PT. Jasa Raharja Pandan, Kabupaten Tapteng kepada wartawan di sela-sela Acara Sosialisasi, Rabu (29/11/2017).

Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja, Padangsidimpuan, Desmon Hasahatan Tambunan turun langsung bersama Penanggungjawab PT. Jasa Raharja wilayah Sibolga, Widyoko,Penanggungjawab wilayah Pandan, Fahmi Amsari dan Penanggungjawab wilayah Hutabalang, Tri Ayu Lestari Saragih menyambangi para pelajar SMAN 1 Plus Matauli.

Sosialisasi diadakan di Gedung Gymnasium, Kompleks SMAN 1 Plus Matauli, Pandan dilakukan dengan santai dan Komunikatif. Walaupun ratusan pelajar yang terdiri dari Kelas X dan Kelas XI ini masih tergolong belia, tetapi berkat kemampuan dari Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja Padangsidempuan dalam menyampaikan makalah sangat komunikatif. Para pelajar unggulan ini mampu mencerna semua yang paparan.

Desmon menjelaskan tugas pokok dan fungsi PT Jasa Raharja dan hak masyarakat bila mengalami kecelakaan. Diantaranya, bukan hanyapengendara kendaraan bermotor dan angkutan umum yang mendapatkan santunan asuransi, setiap pengguna jalan raya berhak mendapatkan santunan bila tertabrak oleh kendaraan bermotor dan angkutan umum. Desmon juga memberi contoh kasus, ada seorang pejalan kaki atau pengayuh sepeda tertabrak sepeda motor/mobil/bis/truk. Maka, pejalan kaki atau pengayuh sepeda tersebut berhak mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja.

“Santunan kecelakaan tergantung kondisi korban. Bila korban mengalami luka-luka, maka santunan biaya perawatan maksimal Rp20 juta dan bila meninggal dunia besaran santunan Rp25 juta,” tandas Desmon yang memaparkan sosialisasinya dengan mempergunakan alat bantu berupa proyektor.

Pemberian santunan kepada pejalan kaki/pengendera sepeda sebagai wujud kepedulian negara melalui PT Jasa Raharja kepada masyarakat.

“Untuk santunan korban kecelakaan meninggal dunia, kami menargetkan satu atau dua hari sudah kami cairkan kepada ahli waris. Kami lakukan jemput bola ke rumah ahli waris korban, kami bantu melengkapi berkas administrasi karena kami sudah bekerjasama dengan kepolisian terkait dengan laporan polisi (LP). Kami pastikan tidak ada potongan, semua nilai santunan tidak berkurang dari yang sudah ditetapkan,” jelas Desmon.

Dia juga menjelaskan UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang serta UU Nomor 34 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Bagaimana hak, kewajiban dan prosedur yang resmi.

“Pembayaran santunan sesuai dengan Undang-undang No 33 dan 34 Tahun 1964 diatur sesuai jenis jaminan mulai luka-luka, cacat tetap/permanen, meninggal dunia dan penguburan,” terangnya.

Dari dua undang-undang tersebut masyarakat berhak mendapatkan santunan Jasa Raharja bila mengalami kecelakaan lalu lintas, baik darat, laut mau pun udara. Masalah dana asuransi Jasa Raharja menarik iuran kepada masyarakat berupa premi wajib yang harus dibayar oleh tiap masyarakat yang memiliki kendaraan.

“Pembayaran premi nya melalui samsat, setiap masyarakat membayar pajak sudah otomatis dipotong untuk dana premi Jasa Raharja,” pungkasnya.

Diharapkan Materi yang diberikan, bisa menjadi bahan tambahan bagi para siswa dalam hak dan kewajibannya di jalan raya, khususnya bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Sebelum Acara Sosialisasi dilaksanakan, Kepala Sekolah SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Murdianto,S.Pd.M.M, menyampaikan apresiasi dari perhatian dan kunjungan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Kantor Perwakilan Padangsidempuan yang memberikan sosialisasi kepada para pelajar di sekolah yang dipimpinnya.

 

 

Laporan: Firmansyah
Editor: ren

Loading...

Komentar