oleh

Kasiops Korem 023/KS Pimpin Rapat Latihan Penanggulangan Bencana Alam

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Korem 023/KS menggelar rapat persiapan dalam rangka latihan Penanggulangan Bencana Alam yang akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 4 hingga 8 Desember 2017 di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Rapat dipimpin oleh Kasiops Korem 023/KS, Letkol Inf TP lobuan Simbolon, Selasa, (28/11/2017).

“Latihan yang akan dilaksanakan selaku unsur penyelenggara untuk mensimulasikan terjadinya bencana alam. Sehingga TNI sesuai Tupoksi nya melakukan perbantuan kepada Pemerintah daerah untuk melaksanakan penanggulangan bencana,” kata Kasiops Korem 023/KS, Letkol Inf TP lobuan Simbolon yang memimpin rapat tersebut.

Letkol Inf TP lobuan Simbolon menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari tersebut akan diselenggarakan tahap demi tahap.

“Mulai dari upacara, pembukaan latihan oleh Danrem 023/KS, Kol Inf Donni Hutabarat , pelajaran teori dan praktek dilapangan. Jumlah peserta latihan 200 orang terdiri dari Korem, Kodim, Basarnas dan BPBD Kota Sibolga dan kabupaten Tapteng,” ungkapnya.

Kasiops Letkol Inf TP Lobuan Simbolon selaku penyelenggara Latihan ini menambahkan, Instansi Basarnas dan BPBD Kota sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah dilibatkan dalam latihan tersebut.

“Selain itu, latihan ini melibatkan hampir seluruh unsur perbantuan baik kesehatan, pengawalan, tenda, truk, ambulance, dapur umum hingga bantuan teknik maupun unsur evakuasi,” tambahnya.

Dikatakan, dalam latihan ini akan disimulasikan berbagai perkembangan situasi yang terjadi dilapangan, juga peranan Posko dalam mengatur dan memobilisasi pergerakan tim evakuasi hingga management penanganan pengungsi.

Sementara itu, Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan, latihan tersebut rutin dilaksanakan untuk melatih para personel TNI dalam menanggulangi bencana alam.

“Korem 023/KS sebagai Subkompartemen strategis dan komando kewilayahan yang tergelar mempunyai peran langsung dalam penanggulangan bencana alam di daerah, Korem 023/KS senantiasa siap dalam menghadapi situasi yang terjadi terkait bencana alam, sehingga baik unsur posko sebagai pengendali dan unsur SAR selaku pengevakuasi dapat sinkron serta mengetahui tugasnya, siapa berbuat apa,” jelas Mayor Simarmata.

 

Sumber: ril Penrem 023/KS
Editor: ren

Loading...

Komentar