oleh

Petani Ini Bicara Tentang Pupuk, Bikin Kita Tercengang

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TABAGSEL – Kholil salah seorang petani padi asal Kelurahan Pidoli Dolok, Kecamatan Panyabungan Kota, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumut, berharap mendapatkan bantuan pupuk subsidi, untuk dapat dipergunakan ke atas lahan pertanian miliknya seluas 1,5 hektar.

Dia mengaku, selama ini dirinya belum mendapatkan bantuan pupuk subsidi, sehingga harus Kholil harus membeli pupuk non subsidi.

Kepada awak media disalah satu warung di dekat sawahnya, Jumat (1/12/2017), bapak empat anak ini berharap agar dapat mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi untuk meringankan biaya merawat tanaman padinya.

“Saya belum pernah mendapatkan bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah sejak bertani. Itu karena saya minim dapat informas. Kalau saya biasanya beli pupuk di toko yang menyediakan bibit pertanian di Madina,” ucapnya.

“Kalau beli sendiri, pupuk urea saja tiga karung yang beratnya 50 kilo, lumayan uangnya. Jika dieceran per kilo 15 ribu. Bibit juga kami beli sendiri. Bibit padi yang kami tanam ini, bibit padi Lembusawah dari Sumatera,” tambahnya.

Meski demikian, ia tetap bersyukur. Tanaman padi miliknya tetap tumbuh subur tanpa pupuk bersubsidi itu.

“Saya sekali panen bisa menyimpan gabah untuk tiga tahun. Jadi tidak perlu beli beras,” ungkapnya.

 

 

Laporan: Fahrizal

Editor: ren

Komentar