Dewan Pendidikan Adakan Loka Karya Komite Sekolah Se-Kota Padangsidimpuan

  • Whatsapp
Dewan Pendidikan adakan Loka Karya dengan Komite Sekolah se Kota P.Sidimpuan. Foto: Khalid Siregar/Smart News Tapanuli.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TABAGSEL – Wali Kota Kota Padangsidimpuan, Andar Amin Harahap diwakili Asisten III Drs.H.Abd.Rosyad Lubis, MM membuka Loka Karya Komite Sekolah yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Daerah Kota P.Sidimpuan, bertempat di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, Selasa(5/12/2017).

Pada kegiatan ini panitia menghadirkan tujuh orang narasumber, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara, Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yakni Prof.DR. Syaiful Sagala,M.Pd, Drs. H.Mahdi Ibrahim,MM, Prof. Adwin Surya,SE,Pd,Ph.D, dan Drs.H.Sahiddin batubara,M.Pd, (Sekretaris Dinas Pendidikan Kota P.Sidimpuan, Drs.H.Iswardin,M.Pd (Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota P.Sidimpuan), DR.Hj.Raisyah Surbakti,M.Pd (pengurus Dewan Pendidikan Kota P.Sidimpuan), Drs.H.Syamsuddin Pulungan,M.Ag (Wakil Rektor IAIN P.Sidimpuan). Sedangkan peserta nya berasal dari Komite Sekolah yang ada di Kota P.Sidimpuan tingkat SD/MI, SMP/Mts, SMA,SMK, MA Negeri dan Swasta.

Bacaan Lainnya

Sementara, Makalah yang disampaikan Narasumber adalah tentang Kebijakan Pembangunan Pendidikan Kota P.Sidimpuan (Drs.H.Iswardin,M.Pd), Implementasi Permendikbud No.75 Thn 2016 (Prof.DR. Syaiful Sagala,M.Pd), Kondisi Pendidikan dan tantangan kedepan (Drs. H.Mahdi Ibrahim,MM), Penguatan peran Pemda memperkokoh kerjasama antar daerah bidang pendidikan (Prof. Adwin Surya,SE,Pd,Ph.D) Peluang dan tantangan penguatan kelembagaan komite sekolah (DR.Hj.Raisyah Surbakti,M.Pd).

Pada sambutan Wali Kota oleh Abd.Rosyad Lubis menyampaikan bahwa Pendidikan adalah merupakan salah satu program prioritas kepemimpinan Wali Kota P.Sidimpuan Andar Amin. “Hal tersebut tertuang dalam visi dan misi pemerintahan mereka yakni mewujudkan pendidikan kita yang berkualitas dan berdaya saing. Di sisi lain yang tak kalah penting bagaimana kita merubah pola fikir masyarakat kita bahwa sekolah itu orientasi dan tujuannya bukan hanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil dan mencari pekerjaan, tapi bagaimana melalui sekolah dan pendidikan itu dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” jelasnya.

Lebih lanjut Abd.Rosyad mengatakan, bahwa harus mampu menciptakan lulusan yang memiliki skil dan keahlian yang siap terjun ke dunia kerja. “Untuk itu salah satu solusinya adalah dengan memperbanyak pendidikan yang berbasis keahlian,” terang Abd.Rosyad Lubis yang juga merupakan mantan Kadis Pendidikan Kota P.Sidimpuan ini.

Pada bahagian lain dalam sambutannya, Abd.Rosyad Lubis juga memohon kepada Komite Sekolah agar terus dapat bekerja semaksimal mungkin dan berperan aktif menunjang kemajuan pendidikan di Kota P.Sidimpuan. Komite Sekolah merupakan organisasi mitra sekolah, oleh karenanya komite sekolah harus dapat benar-benar mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan penyelenggaraan program pendidikan di sekolah. Wali Kota juga berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dewan Pendidikan Kota P.Sidimpuan yang telah menyelenggarakan lokakarya Komite Sekolah ini.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kota P.Sidimpuan, Drs.M.Jusar Nasution mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun selama masa kepengurusan mereka. M.Jusar juga berharap melalui lokakarya ini para komite sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan keberadaannya di sekolah-sekolah sehingga mereka dapat menjalankan dan meningkatkan perannya di lapangan untuk kemajuan pendidikan tersebut. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota P.Sidimpuan M.Luthfi Siregar, SH.MM, Kasubbag TU UPT Dinas Pendidikan Sidimpuan, Fahri Siregar serta sejumlah praktisi pendidikan lainnya.    

 

Laporan: Khalid Siregar

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *