Lestarikan Budaya, Ribuan Bibit Ikan Ditebar di Lubuk Larangan Kita Bersama Sungai Batang Ayumi

  • Whatsapp
Ketua Lubuk Larangan Kita Bersama, Parlindungan Nasution sedang menabur bibit ikan ke Sungai Batang Ayumi, Selasa, (5/12/2017). Foto: Ucok Siregar/Smart News Tapanuli.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TABAGSEL – Lubuk Larangan Kita Bersama di Sungai Batang Ayumi di Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) ditabur ribuan benih ikan, Selasa (5/12/2017).

Penaburan bibit ikan tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan, terutama habitat yang ada di Sungai Batang Ayumi tersebut.

Bacaan Lainnya

Penaburan bibit ikan oleh Ketua Lubuk Larangan Kita Bersama, Parlindungan Nasution. Dia mengatakan, jumlah benih ikan yang ditabur sebanyak 3.000 ekor. Jenisnya Ikan Mas dan Nila.

“Yang sudah kami tabur sebanyak 3.000 bibit ikan,” ujarnya kepada wartawan ketika ditemui dilokasi penaburan bibit ikan di sungai Batang Ayumi.

 

 

Katanya, nantinya ikan tersebut akan dipanen ketika Lubuk Larangan sepanjang 1 kilometer itu dibuka.

“Sebelum lubuk larangan dibuka, ikan-ikan disepanjang 1 kilometer sungai ini tidak bisa diambil,” ujar laki-laki yang sudah lima tahun menjadi ketua lubuk larangan itu.

Tambahnya, tujuan dibentuknya lubuk larangan di tempat itu, agar pemanfaatan hasil alam, terutama Sungai Batang Ayumi dapat dimaksimalkan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Tujuan lainnya, agar masyarakat dapat merasakan lubuk larangan itu,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, para pengurus lubuk larangan juga mengatur sistem panen ikan.

“Ada dua sistem panen ikan lubuk larangan di tempat itu, yaitu sistem panen pancing dan jalan. Sistem tersebut harus diatur, sehingga masyarakat yang datang untuk panen lubuk larangan nanti nya tidak merugi. Kita mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjaga lingkungan, terutama lubuk larangan ini,” pungkasnya.

 

 

Laporan: Ucok Siregar

Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *