oleh

Korem 023/KS Gelar Simulasi Penanganan Bencana di Pelabuhan Lama

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Korem 023/KS bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Sar Nasional (Basarnas) Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga, Rabu, (6/12) menggelar latihan simulasi penanggulangan bencana alam banjir dan longsor, di sekitar Pantai Pelabuhan Lama, atau tepatnya didepan Hotel Wisata Indah.

“Latihan simulasi tersebut bertujuan melatih kesiapsiagaan aparat TNI dan instansi terkait dalam meningkatkan kerja sama dan keterpaduan antar unsur dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam. Sebagai bentuk latihan dasar setiap individu sekaligus kita dapat melihat bagaimana koordinasi dalam penanggulangan bencana yang telah disusun dalam rencana kontijensi penanggulangan bencana alam,” kata Kasiops Letkol Inf TP Lobuan Simbolon selaku penyelenggara latihan.

 

 

Latihan itu, kata Letkol Inf TP Lobuan Simbolon, juga diperuntukkan bagi masyarakat sekitar yang bertempat tinggal dekat dengan laut.

“Mereka juga harus tahu bencana apa saja yang mungkin terjadi, dan bagaimana cara menyelamatkan diri, apa yang harus dilakukan. Maka dari itu latihan ini perlu dilaksanakan dengan serius,” kata Letkol Simbolon.

 

 

Katanya, bencana tidak pernah dapat diprediksi kendati dijaman modern seperti saat ini.

“Sudah banyak alat-alat canggih, tetapi itu tidak membuat kita tenang. Setidaknya kita semua tahu apa yang harus dilakukan, siapa berbuat apa saat bencana itu datang, sehingga dapat meminimalisir kerugian personel maupun materil,” ungkapnya. (ril Penrem023/KS/ren)

Komentar