Masyarakat Diajak Awasi Pemilu

  • Whatsapp
Panwaslu Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan calon legislatif, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Rabu, (6/12) bertempat di Hotel Pandan Carita. Foto: Frimansyah/Smart News Tapanuli.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Panwaslu Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan calon legislatif, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Rabu, (6/12) bertempat di Hotel Pandan Carita.

Melalui kegiatan ini, masyarakat diajak untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Bacaan Lainnya

Ada sekitar 30 puluhan orang yang ikut dalam kegiatan ini yakni nelayan, Ibu-ibu pengajian, tukang becak bermotor, serta kelompok masyarakat lainnya.

Diacara sosialiasi ini, Ketua Panwaslu Tapteng Safran Matondang menyampaikan beberapa materi tentang berbagai bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu. Serta mengajak peran aktif masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan pemilu tahun 2019.

“Karenanya keterlibatan dan peran aktif untuk ikut mengawasi pemilu akan sangat membantu terwujudnya pemilu yang jujur dan adil,” ucap Safran.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Tapteng Divisi Organisasi dan SDM yang turut serta sebagai pemateri menjelaskan melalui sosialisasi ini, masyarakat juga bisa mengawasi langsung dan mengetahui apa itu permasalahan ataupun pelanggaran soal pemilu.

“Contohnya, kita mengetahui adanya pelanggaran pemilu dari masyarakat juga bisa melaporkan kepada pihak terkait seperti ke Panwas kecamatan atau Panwas Kabupaten,” pungkasnya.

Sementara dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Tapanuli Tengah ini di ikuti oleh perwakilan dari organisasi masyarakat dan semua elemen yang ada dimasyarakat Kabupaten Tapteng, khususnya di Kecamatan Pandan.

Laporan: Firmansyah
Editor: ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *