oleh

Bupati Humbahas Tinjau Persiapan Festival Danau Toba 2017

SMARTNEWSTAPANULI.COM, HUMBAHAS – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor. SE, meninjau persiapan lokasi Festival Danau Toba 2017 di Objek Wisata Sipinsur Kecanatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut) Rabu (6/12).

“Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Danau Toba Tahun 2017, Bupati mengharapkan segala kesiapan wisata Sipinsur bukan hanya pada saat Festival Danau Toba, tetapi benar-benar siap sebagai daerah wisata yang akan diminati wisata lokal maupun Internasional,” kata Dosmar Banjarnahor.

Amatan wartawan, setiap undangan Kabupaten/Kota pada acara ini telah membuat stand dan menampilkan hasil kerajinan tangan masing-masing daerah.

Selanjutnya Bupati juga melakukan perjalanan ke Baktiraja untuk melihat persiapan kegiatan olahraga yang akan diperlombakan dalam rangka memeriahkan Festival Danau Toba Tahun 2017 di Humbang Hasundutan. Adapun perlombaan itu meliputi, Dragon Boat (Solu Bolon), Lari Lintas Alam dan Renang.

 

Persiapan Festival Danau Toba 2017.

Sebelum pelaksanaannya di mulai, Bupati bersama Unsur Pimpinan Kecamatan Baktiraja, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat/adat melakukan acara Mangebang atau Maraek Tio yang dirangkaikan dengan terlebih dulu ibadah singkat dan makan itak gurgur, lampet dan pisang sitonggi-tonggi.

Acara ini memohon kepada Tuhan agar pemakaian Dragon Boat (Solu Bolon) kedepannya sehat-sehat.
Nantinya ada 7 Dragon Boat (Solon Bolon) yang akan digunakan pada perlombaan.

Setiap desa yang ada di Kecamatan Baktiraja memiliki sebuah Dragon Boat yaitu Desa Sinambela, Desa Simamora, Desa Siunungunung Julu, Desa Simangulampe, Desa Marbun Toruan, Desa Marbun Tonga Dolok dan Desa Tipang. (and)

Komentar