Gempabumi Berkekuatan 3,2 SR Goyang Tapsel dan Padangsidimpuan

  • Whatsapp
Screenshot Gempabumi yang terjadi di Tapsel, Kamis, (7/12).

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TABAGSEL – Gempabumi berkekuatan 3,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumut, Kamis, (7/12) pukul 07.38.38 WIB. Guncangan Gempabumi ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan.

Badan Meteorologi, Geofisika, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa pusat gempa berada di Darat 10 km BaratDaya Tapanuli Selatan, dengan kedalaman 10 Kilometer, Lokasi 1.49 Lintang Utara dan 99.25 Bujur Timur.

Bacaan Lainnya

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan,S.Si, M.Si menjelaskan, dari hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat.

“Gempabumi ini dirasakan di Padang Sidempuan dengan intensitas gempabumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan,” katanya.

Menurut Edison, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal.

“Dan berdasarkan karakteristik sinyal gempabumi menunjukkan jenis gempabumi tektonik yang diduga akibat aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Angkola. Kepada masyarakat disekitar wilayah Kota Padangsidempuan dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG,” ucapnya. (tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *