oleh

Festival Danau Toba 2017 Dibuka, Wagubsu: Danau Toba Tidak Tertandingi

SMARTNEWSTAPANULI.COM, HUMBAHAS – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung memuji keindahan Danau Toba. Sebab pesona keindahan Danau Toba yang terletak di tanah batak itu tidak memiliki tandingan di penjuru Indonesia, Asia tenggara bahkan dunia.

“Keindahan wisata DanauToba tidak memiliki tandingan. Ini adalah warisan Tuhan yang harus kita jaga. Untuk itu bupati se-kawasan Danau Toba dan seluruh elemen masyarakat untuk satu derap langkah menjaga dan memelihara keindahan ini, apalagi dalam waktu dekat akan datang dari UNESCO untuk penilaian Geopark Kaldera Toba,” ujarnya di sela pembukaan Festival Danau Toba 2017 di Panorama Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, Kamis (7/12).

Lanjutnya, kebersihan dan kearifan lokal harus tetap dipelihara sebab itu salahsatu daya tarik pagi wisatawan lokal, domestik dan mancanegara. Wagub juga menghimbau Dandim, Kapolres kawasan Danau Toba untuk tidak memberikan ruang pergerakan narkoba di kawasan Danau Toba. Sebab narkoba sangat berdampak buruk khususnya bagi generasi penerus bangsa.

Sementara, Direktur Badan Otorita Danau Toba, Arif Prasetyo, dalam kesempatan itu menyampaikan akan serius untuk mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

Dia menguraikan, bahwa pengunjung wisatwan ke kawasan Danau Toba sudah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Apalagi dengan dibukanya bandara Internasional Silangit, hal ini akan menjadi gerbang pariwisata ke kasawan Danau Toba.

Sebelumnya, Bupati Dosmar menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan FDT 2017 di Kabupaten Humbahas.

Dia memaparkan, sebagai daerah kawasan Danau Toba, Kabupaten Humbahas memiliki segudang potensi wisata yang tidak kalah dengan kabupaten lainnya dikawasan Danau Toba.

Potensi wisata dimaksud yakni, wisata sejarah di Baktiraja, markas Sisingamangaraja XII di Parlilitan, air terjun janji, panorama sipinsur dan masih banyak lagi.

Melalui FDT 2017, Dosmar mengajak wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Humbahas.

Pembukaan even tahunan pesta rakyat kawasan Danau Toba itu, turut dihadiri Kadis Pariwisata Provsu Elisa Marbun, Wakil Bupati Saut Simamora, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Karo diwakili Wakil Bupati Cory Sebayang, Bupati Taput diwakili Asisten Pemerintahan, Forkominda Pemkab Humbahas, Mantan Bupati Humbahas Maddin Sihombing, Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Ny Tiurma Saut Simamora dan ribuan undangan lainnya. (and)

Komentar