oleh

Terimakasih Pak Jokowi, Jalan Desa Danau Pandan sudah Bagus

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Pekerjaan proyek Alokasi Dana Desa di Desa Danau Pandan, Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2017 dari APBN Pusat oleh Kementrian Pedesaan telah di nikmati oleh warga di Desa ini dananya sekitar Rp 709.106.000,00.

Warga mengatakan sangat bersyukur atas Terlaksananya Pembuatan jalan ke daerah mereka di mana selama ini masih terisolir. Jalan yang di buat dengan Dana Desa sangat bermanfaat dan sangat di butuhkan oleh masyarakat di desa itu.

Kini warga didesa tersebut dapat mengangkut hasil perkebunan dengan lancar karena jalan telah di buka.

Kepada awak media ini seorang warga menyatakan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi dan Pemerintah Republik Indonesia serta Bupati Tapanuli Tengah atas pembangunan di desa mereka.

“Bersyukur sekali lah Bang, desa kita dapat Dana Desa ini. Kami dari dari Danau Pandan juga berterima kasih Pada Pemerintah Pusat, Pak Jokowi dan Pak Bupati Kita Bakhtiar Ahmad Sibarani. Mudah- mudahan Bisa terus berlanjut pembangunan di Desa kami lah Bang,” kata Juni Fati Gulo (22), Kamis, (7/12).

Ketika ditanya soal pemberitaan terkait penggunaan dana desa yang di muat di salah satu media, Juni menyatakan kalau hal itu tidak benar.

“Saya kira terkait pemberitaan mengenai Desa kami, saya rasa itu kurang pas karena masih ada pekerjaan di sana yang belum siap karena Dananya sudah habis dan belum turun sebagian lagi. Jadi saya rasa itu orang yang kurang suka melihat desa nya dibangun,” tambahnya.

 

 

Kepala Desa Danau Pandan Nubuala Zeliwu ketika di konfirmasi awak media ini mengatakan persoalan yang di beritakan pada salah satu Media cetak bahwa yang di foto itu sebenarnya adalah bekas Galian Paret yang dinaikkan oleh alat berat di kaki gunung. Dan tanah itu turun akibat hujan hingga menutupi jalan.

“Itu bukan longsor atau tidak sesuai dengan volume kerja kita. Kan posisi tanah yang di angkat oleh Ekscavator kemarin itu di buatkan di atas, jadi turun lah dia lagi akibat curah hujan yang saat ini terjadi,” jelasnya.

Selanjutnya juga ia jelaskan tentang penggunaan Dana Desa pada anggaran yang tertera.

“Saya rasa sudah tidak etis kalau di bilang saya menyelewengkan dana, padahal kerjaan belum sepenuhnya siap, lantaran dananya belum turun. Dan kalau bisa saya samapaikan di sini terkait pemberitaan itu, saya tak pernah ada mengeluarkan ucapan pada awak media mana pun, dan saya tidak pernah di datangi wartawan lain selain abang mengenai pekerjaan kita yang ada di desa. Jadi bingung juga saya, padahal kalau rekan-rekan media maupun lembaga lembaga swadaya masyarakat yang kita jumpai semua bagus bagus kok kita berkawan, jadi saya tidak tau itu sumber dari mana,” bebernya.

Sementara itu, seorang warga pengguna jalan bukaan tersebut ketika di jumpai awak media mengatakan bahwa pekerjaan di desa itu sudah bagus dan tepat sesuai dengan keinginan mereka.

“Saya kira sudah pas dan tepat lah Pak, ada pembukaan jalan 1300 meter. Ada jembatan 4 buah, dan 2 lagi plat beton, tapi belum siap, kata Pak Kades tunggu uangnya cair dulu,” kata Ama Mirna Gulo.

Sedangkan dari keterangan di Papan Informasi, sampai saat ini pekerjaan untuk dua buah plat beton yang berukuran 4 x 4 meter dan 4 x 6 meter, belum siap di kerjakan, menunggu pencairan dana selanjutnya.

Kepala Desa Muda ini juga berharap agar dana tersebut bisa segera cair agar pembangunan tersebut bisa di lanjutkan. “Harapan saya pada pemerintah agar bisa lah dana kami segera turun ke desa ini, agar pekerjaan dilanjutkan,” pungkasnya. (Job Purba)

Komentar