Duh! Diduga Asal Jadi, Irigasi Dana Desa Hancur

oleh
Saluran Irigasi di Desa Purba Manalu, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas sebagain telah ambruk. Foto: and/snt.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, HUMBAHAS – Saluran irigasi di Desa Purba Manalu, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ambruk dan hancur sekitar 4 meter.
Padahal saluran irigasi tersebut, disebut-sebut baru selesai dikerjakan dan bersumber dari dana desa.

Selain ambruk, dalam saluran irigasi itu banyak ditemukan retakan dan dikawatirkan saluran itu tidak akan bertahan lama.

Abed Ritonga salahsatu pegiat pers kepada wartawan di lapangan, kemarin, mengatakan, bahwa pekerjaan irigasi itu kuat diduga asal jadi dan sarat korupsi. Sebab hasil pantauan di lapangan, irigasi yang diproyeksikan mengairi areal persawahan itu sudah banyak retakan sehingga dikawatirkan tidak akan bertahan lama.

“Kita menduga pekerjaan saluran irigasi itu asal dikerjakan. Dari pantauan kita dilapangan, Buktinya sudah kita lihat dilapangan mengalami kerusakan,” ujar Abed Ritonga.

Katanya lagi, di lokasi irigasi tidak ditemukan papan informasi. Sehingga warga tidak bisa mengetahui volume dan biaya pembangunan irigasi tadi. Lanjutnya, pembangunan irigasi tersebut diduga dua kali ditangani dalam kurun waktu satu tahun anggaran. Pasalnya ditemukan tambal sulam untuk menambah ketinggian saluran tersebut.Terkait pengerjaan irigasi dari dana desa itu, Kepala Desa Purba Manalu Ganda Simatupang belum berhasil dikonfirmasi melalui telepon selulernya. (and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *