Satu Unit Rumah di Sibolga Julu Diterjang Longsor

  • Whatsapp
Roy Simanjuntak saat menunjukkan kondisi longsor dibelakang rumahnya, Senin, (11/12/2017). Foto: istimewa.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sibolga dinilai lamban menangani bencana longsor yang terjadi pada hari Senin (4/12/201) malam, di Jalan Sibual-Buali, Kelurahan Huta Tonga-Tonga, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga.

Informasi diperoleh awak media, hingga Senin (11/12/2017) sore, petugas BPBD Sibolga belum turun kelokasi untuk memberikan bantuan membersihkan tumpukan tanah yang longsor dari perbukitan diatas pemukiman warga.
Padahal, enam hari pasca bencana itu, longsor masih menutupi halaman samping salah satu rumah warga Tonga-tonga.

Bacaan Lainnya

Dilokasi longsor ini hanya terlihat beberapa orang dari pihak keluarga korban longsor. Dengan peralatan seadanya mereka membersihkan tumpukan tanah longsor.

Korban longsor adalah Roy Simanjuntak (49). Kepada wartawan, Roy menceritakan bencana yang terjadi beberapa hari lalu itu ketika hujan mengguyur Kota Sibolga pada hari Senin (04/12/2017). Longsor terjadi sekitar pukul 21.00 WIB dan menimpa sebagian rumahnya.

“Jam 21.00 WIB saat kami mau tidur, tiba-tiba kami dikejutkan dengan suara dentuman keras dari belakang rumah, setelah kami cek kebelakang ternyata dapur kami sudah ambruk ditimpa tanah perbukitan yang dibelakang rumah,” kata Roy Simanjuntak.

 

 

Dia menjelaskan, akibat tanah longsor tersebut mengakibatkan halaman samping dan belakang rumahnya penuh dengan tumpukan tanah.

Ia juga mengaku khawatir bila terjadi longsor susulan mengingat musim penghujan di Kota Sibolga.

“Saya sangat berharap agar pemerintah segera membantu membersihkan tumpukan longsor diareal rumah kami ini, kami takut terjadi longsor susulan,” tandasnya.

Terpisah, Kadis BPBD Penanggulangan Bencana Kota Sibolga, Juangon Daulay saat dikonfirmasi, Senin (11/12/2017) mengatakan pihaknya akan segera menurunkan tim untuk menangani bencana longsor tersebut.

“Iya pak, nanti tim akan kita turunkan meninjau dilokasi,” ucapnya singkat melalui selulernya. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *