Irigasi Dana Desa “Disulap” Menjadi TPT

oleh
Irigasi yang "disulap" menjadi TPT baru selesai dikerjakan di Tolong Bolak Desa Pasaribu, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, HUMBAHAS – Irigasi Dana Desa di Tolong Bolak, Desa Pasaribu Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) “disulap” menjadi tembok penahan tanah (TPT). Meski menjadi TPT, pekerjaan itu tetap jebol sekitar lima meter.

Pantauan wartawan di lapangan, kemarin, pada papan informasi proyek itu disebutkan, bahwa kegiatan itu merupakan pembukaan saluran irigasi Tolong Bolak, Volume 190 meter, Pagu Dana Rp 177.780.240 bersumber dari Dana Desa tahun 2017, sementara waktu pelaksanaan terhitung Agustus-Desember 2017.

Warga setempat yang mengaku marga Pasaribu mengatakan, sebelum pekerjaan dilaksanakan, dalam musyawarah desa sudah disepakati untuk pembangunan saluran irigasi. Namun saat pengerjaan dilapangan, saluran irigasi dimaksud berubah menjadi TPT.

Melihat pekerjaan di lapangan, dia justru mengaku tidak paham bentuk pekerjaan fisik dari dana desa itu. Sebab dalam papan informasi, jelas disebutkan pembukaan saluran irigasi. Namun fisik dilapangan tidak ada ubahnya dari TPT.

“Saya tidak paham, apa ini irigasi atau TPT. Namun melihat fisik yang sudah selesai dikerjakan, akal sehat saya mengatakan bahwa ini TPT. Dimana saluran irigasi yang disepakati di musrenbang,” kata Pasaribu heran.

Terpisah, Kepala Desa Pasaribu, Charles Pasaribu saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa pekerjaan fisik di Tolong Bolak itu adalah saluran irigasi.

“Itu saluran irigasi, bukan TPT,” terang Charles.

Dia mengatakan, bahwa kaki bukit tolong bolak itu keras seperti batu sehingga pihaknya hanya membangun satu sisi saja.

“Irigasi itu tidak perlu kita bangun dua sisi sebagaimana irigasi biasanya namun hanya satu sisi sebab kaki bukit tolong bolak itu keras seperti batu. Tahun berikutnya, kita tinggal lanjutkan pembangunan seperti yang kita lakukan sekarang,” ujarnya. (and)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *