Hutan Mangrove di Badiri Rusak, Gerombolan Monyet Serbu Pemukiman Warga

  • Whatsapp
Gerombolan Monyet liar yang menyerbu pemukiman warga di Desa Jago-jago, Badiri, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Foto: jp/snt.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Kerusakan ekosistem hutan mangrove di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, membuat monyet-monyet penghuni hutan sering datang ke area pemukiman warga sekitar. Meski demikian, warga umumnya masih merasa nyaman atas kondisi itu.

Beberapa mengaku sudah biasa terhadap pandangan tersebut. Seperti halnya diutarakan T Panggabean (65), yang juga pemilik sebuah warung di sekitar lokasi.

Bacaan Lainnya

“Ah, disini sudah bisa itu, datang ke warung kita ini. Mereka dari hutan sekitar ini. Karena mereka sudah tidak dapat makanan lagi dari sana, jadi mereka datang kemari untuk sekedar nyari makan,” katanya, Kamis (21/12/2017).

Seorang pengunjung warung tersebut, Pak Sitompul, menyebutkan kalau pandangan seperti ini menjadi daya tarik tersendiri di sini, terutama warung itu. Dia mengatakan kalau kedatangan monyet-monyet tersebut menjadi penghibur bagi pengunjung.

“Kita sering makan dan sekedar minum di warung ini. Ada kesenangan tersendiri melihat monyet-monyet ini datang ke arah warung ini. Namun ada juga yang merugikan, terkadang mereka mencuri makan dari warung ini. Kita sering memberi mereka makanan dari warung ini. Dan senang juga melihat mereka berdatangan ramai-ramai hanya mengharapkan makanan yang kira berikan,” ungkap Sitompul.

Sementara itu T Panggabean kembali mengatakan dia sering mengalami kerugian akibat ulah para monyet ini. Dia sering megeluh kalau monyet-monyet ini sering diam-diam mencuri makanan di warungnya.

“Terkadang kita merasa resah juga akibat ulahnya yang kadang nakal. Sering saya rugi di sini akibat ulah para monyet-monyet ini. Mereka kadang masuk ke dalam dan mengambil makanan kita. Namun pernah ada dari Dinas Kehutanan bermarga Simanjuntak mengatakan agar jangan diganggu keberadaan mereka di wilayah ini,” katanya. (jp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *