Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/smart2108/public_html/wp-includes/class-wp-list-util.php on line 148
class="post-4928 post type-post status-publish format-standard has-post-thumbnail category-berita-utama category-daerah category-nasional category-nias category-sibolga tag-kepulauan-nias tag-mudik-natal tag-pelabuhan-sibolga" itemscope="itemscope" itemtype="http://schema.org/CreativeWork">
oleh

Tak Kebagian Tiket, Ratusan Penumpang Tertahan Dua Hari di Sibolga

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Karena tak kebagian tiket, ratusan calon penumpang kapal tujuan kepulauan Nias tertahan selama dua hari di Sibolga.

Ratusan calon penumpang ini pun terpaksa menginap di kawasan Pelabuhan Sibolga sejak, Jumat (21/12/2017) hingga Sabtu (22/12/2017).

Pada Sabtu siang, ratusan calon penumpang kapal ini terlihat berkumpul di berbagai tempat, ada yang berkumpul di sepanjang jalan Horas, ada juga di sekitaran jalan Gambolo arah laut.

Antrian mendapatkan tiket.

Loket penjualan tiket kapal PT WJL (Wira Jaya Logitama Line) di jalan Horas pun terpantau terus dipadati calon penumpang yang ingin membeli tiket kapal. Loket ini buka mulai pukul 13.00 WIB dan tutup pada pukul 21.00 WIB.

“Kami tiba di Sibolga hari Jumat pagi kemarin, hingga malam harinya kami tidak mendapatkan tiket kapal. Padahal, kami harus sampai di Nias sebelum perayaan Natal,” ujar Surtina br Lase, yang mengaku datang dari kota Duri, Riau, Sabtu (22/12/2017).

Dia menambahkan, rombongan mereka dari kota Duri kemarin itu ada dua bus dan mereka langsung diantar ke jalan Gambolo Sibolga.

“Kami harus sabar menunggu tiket kapal. Mudah-mudahan malam ini kami bisa berangkat,” sebutnya.

Berapa Harga Tiket ke Nias?

Wadi Halawa, calon penumpang lainnya membenarkan kondisi tersebut. Ia mengaku baru saja memeroleh tiket kapal dari saudaranya seharga Rp95.000.

“Saya dapat tiket kapal dari saudara saya yang tinggal di Sibolga, harganya Rp95.000,” sebutnya.

Humas PT WJL Sahnan mengatakan, sejak tiga hari ini terjadi lonjakan penumpang kapal tujuan Gunungsitoli-Nias. Harga tiketnya ditetapkan Rp86.000.

Soal harga tiket ini, Sahnan tidak memungkiri banyaknya calo yang mengambil kesempatan. Tapi pihaknya tak dapat berbuat banyak.

Pasalnya, sejak loket dibuka pembeli tiket pun langsung berebutan masuk. Bahkan ada yang membeli hingga lebih dari 10 tiket.

“Karena ramainya antrean, petugas loket pun terpaksa melayani permintaan tiket,” ucapnya.

 

Sahnan mengatakan, informasi yang ia dengar dari luar menyebutkan, tiket yang dijual calo ke calon penumpang harganya variatif hingga Rp100.000-Rp110.000.

Dia menambahkan, untuk melayani arus mudik Natal dan tahun baru PT WJL mengerahkan tiga unit kapal.

Dua kapal yakni, Wira Glori dan Wira Victoria digunakan untuk mengangkut penumpang dan satu kapal lainnya Wira Prime khusus mengangkut truk.

“Sesuai arahan Kepala KSOP Sibolga, semua penumpang harus diangkut. Dan kita boleh menjual hingga 1.600 tiket perhari. Syaratnya kapal dikhususkan untuk penumpang, tidak boleh membawa truk,” ujar Sahnan.

(SNT)

Komentar