oleh

Wali Kota Sibolga-BPJS Kesehatan Teken Komitmen UHC

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sibolga Rudhy Suksmawan menandatangani perjanjian tentang penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi penduduk Sibolga dalam rangka Universal Health Coverage (UHC), Kamis (28/12/2017).

UHC merupakan suatu konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek di antaranya, aksesibilitas dan equitas pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif.

Hal ini meliputi pelayanan preventif, promotif, curatif sampai rehabilitatif dan juga mengurangi keterbatasan finansial dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bagi setiap penduduk.

Kadis Kesehatan kota Sibolga, M Yusuf Batubara mengatakan perjanjian kerjasama tentang terpenuhinya UHC ini untuk melindungi kesehatan masyarakat Sibolga untuk masa yang akan datang.

“Kita berharap seluruh masyarakat Sibolga nantinya mendapat perlindungan kesehatan. Jangan ada lagi permasalahan kesehatan disebabkan oleh ketiadaan biaya dan kita juga berharap derajat kesehatan meningkat,” ujar Yusuf.

Yusuf menambahkan, target nasional UHC harus diwujudkan 2019, namun Walikota Sibolga mengambil langkah mengawali target itu sejak 2018.

“Saat ini kita masih dibawah 95 persen, mudah-mudahan di Januari kita mencapai 95 persen,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sibolga Rudhy Suksmawan mengatakan, pencapain target UHC di 2019 merupakan rencana program jaminan kesehatan nasional (JKN) pemerintah pusat.

“Seluruh penduduk sudah tercover program JKN dengan semangat dan support pemerintah daerah. Dengan posisi di 94 persen, kita sudah mendekati capaian UHC, karena masih dalam proses migrasi data,” ujar Rudhy .

Rudhy menambahkan, peserta yang didaftarkan Pemko Sibolga melalui kerjasama yang ditandatangani ini kategori masyarakat tidak mampu yang belum tertampung pemerintah pusat.

“Dalam hal ini, Pemko Sibolga menampung 35.000 penduduk melalui APBD kota Sibolga,” katanya.

Hadir di acara ini, Sekda Kota Sibolga Mochamad Sugeng, Asisten II Juneidi Tanjung, Kepala Bappeda Charli Sinambela dan Kadis Kominfo Mauli Badia. (ril/SNT)

Komentar