Kapolri: Satpam Pengemban Fungsi Kepolisian Terbatas

  • Whatsapp
Peringatan HUT Satpam ke-37 di Mapolres Sibolga.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, SIBOLGA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan Polri menyadari tidak dapat bekerja sendiri menghadapi kompleksitas tantangan tugas menciptakan dan memelihara stabilitas keamanan dalam negeri.

Polri memerlukan dukungan dan peran semua potensi keamanan termasuk satuan pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Bacaan Lainnya

“Dalam implementasinya Satpam diharapkan dapat berkontribusi positif mendukung dan memelihara kamtibmas,” ujar Tito Karnavian dalam pidato tertulisnya dibacakan Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Harianja pada peringatan HUT ke 37 Satpam 2017, di Mapolres Sibolga, Sabtu (30/12/2017).

Dikatakan, dukungan tersebut ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

“Hal ini sejalan dengan program prioritas yang telah saya canangkan yaitu, membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas,” sebut Kapolri.

Polri telah menerbitkan panduan induk kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi perusahaan atau instansi lembaga pemerintah yang dituangkan sebagai peraturan Kapolri nomor 24/2007 .

“Saya menegaskan yang dimaksud anggota Satpam dalam panduan tersebut adalah mereka yang secara fungsional dan struktural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan terhadap proses bisnis organisasi,” imbuhnya.

Anggota Satpam juga memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha.

“Maka penyiapan kemampuan profesional anggota Satpam hendaknya mendapatkan atensi dari prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri,” ujar Tito.

Pada kesempatan ini, Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Harianja mengapresiasi kinerja personel Satpam yang bertugas memelihara keamanan di lingkungan kerjanya.

“Selamat ulang tahun kepada seluruh personel Satpam, lakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilakukan,” ujar Edwin.

Hadir di acara ini, Kabag Ops AKP Sustrisno, Kabag Ren Kompol Sugi Afandi, Kasat Intelkam AKP S Silitonga, Kasat Reskrim AKP Agus Adhitama, Kasat Binmas AKP Pesta Simarmata, Kapolsek Sambas AKP Prio Achmad Prihatin, Kasiwas Iptu Antoni Amir Ginting, Kasubbag Humas Iptu R Sormin, Paur Pers Bag Sumda Iptu Erdian S. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *