BMKG Himbau Masyarakat Waspadai Banjir ROB Mulai 1- 4 Januari 2018 Didaerah Pesisir

  • Whatsapp
Banjir Menggenangi sejumlah ruas jalan di Pandan, Tapteng, Sumut, Minggu, (31/12/2017). Sementara BMKG minta warga waspadai Banjir Rob di Daerah Pesisir mulai tanggal 1-4 Januari 2018. Foto: istimewa/JS.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, MEDAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Belawan, Sumut, Minggu, (31/12/2017) mengeluarkan himbauan kepada masyarakat di pesisir pantai untuk waspada terhadap terjadinya ROB atau Genangan Air Laut di daratan.

Himbauan itu sudah beredar luas di media sosial dan juga sudah di bagikan oleh warganet ke sejumlah group WhatsApp, Minggu, (31/12/2017) malam.

Bacaan Lainnya

BMKG Stasiun Meteorologi Belawan dalam himbauan itu menyampaikan tentang waspada pasang air laut mulai tanggal 1 hingga 4 Januari 2018 mendatang didaerah pesisir, termasuk kota Sibolga.

Berikut Warning dari BMKG Meteorologi Belawan:

“Adanya fenomena “Supermoon” yang terjadi pada awal Tahun 2018 memberikan dampak peningkatan tinggi muka air laut yang dapat mengakibatkan terjadinya ROB (genangan air laut di daratan) yang diprediksi terjadi pada tanggal 01 – 04 Januari 2018 di wilayah sebagai berikut :

– Sabang
– Lhoksemawe
– Malahayati
– Simeulue
– Meulaboh
– Belawan
– Kuala Tanjung
– Pangkalan Susu
Sibolga
– Nias
– Bagan Siapi-api
– Dumai
– Sungai Pakning

Dengan adanya fenomena tersebut tersebut, masyarakat disekitar pesisir dihimbau tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Air Laut Maksimum. Masyarakat dihimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG”.

Belawan, 31 Desember 2017 Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Abdul Azis, ST Budi Prasetyo. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *