oleh

Begini Kiat Hidup Sehat dari Nenek, yang Perlu Anda Ikuti

SMARTNEWSTAPANULI.COM, KESEHATAN – Beragam inspirasi tentang kesehatan diera saat ini bisa diperoleh darimana saja. Misalnya, dari artikel kesehatan, rekomendasi teman atau keluarga, televisi, konsultasi dokter, bahkan nasihat dan rahasia panjang umur dari nenek! Di balik usia lanjutnya, nenek masih menyimpan semangat menggebu dan memiliki kekuatan dan kesehatan, yang jelas terlihat saat mengunjungi anak-anak atau cucu-cucunya.

Mungkin Anda sudah pernah melihat bagaimana nenek menjaga kebugarannya dengan minum jamu yang dibuatnya dari jahe, kunyit dan aneka rempah lainnya.

Nah, Kebiasaan unik lainnya yang sering dilakukan nenek mungkin saja meminyaki rambutnya dengan minyak kelapa, atau mengunyah sirih. Bahan-bahan alami tersebut, terbukti secara medis maupun empiris berguna untuk kesehatan.

Lalu, Anda pasti ingin terus sehat dan panjang umur seperti nenek?

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang menjadi rahasia hidup sehat nenek:

1. Jahe

Jahe merupakan adaptogen (bahan tidak berbahaya yang mendorong peningkatan ketahanan tubuh untuk melawan racun) alami yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mengatasi stres. Selain harganya yang murah, jahe juga sangat mudah ditemukan sehingga banyak digunakan sebagai tanaman obat atau campuran makanan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa jahe merah dan jahe putih terbukti mempunyai daya antijamur. Menurut dr.Karin Wiradarma jahe merah bahkan berkhasiat untuk kesehatan pencernaan, karena kandungan gingerol di dalamnya. Gingerol merupakan komponen bioaktif utama dalam jahe merah, yang memiliki efek antioksidan dan mampu melawan peradangan dalam tubuh.

2. Kunyit

Selain merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai penyedap rasa untuk berbagai hidangan dan merawat kehalusan kulit, kunyit memiliki beragam manfaat lainnya.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi sakit mag. Rempah ini memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, dan antimikroba. Selain itu kunyit juga mengandung curcumin, yaitu senyawa yang dipercaya dapat melindungi fungsi hati.

3. Sirih

Mengunyah sirih, atau juga disebut nyirih atau nginang, adalah salah satu tradisi yang ada di Indonesia. Tradisi yang umumnya dilakukan oleh orang dewasa hingga usia lanjut ini dipercaya dapat menyegarkan mulut.
Penelitian juga membuktikan bahwa daun sirih memiliki kandungan karbohidrat, protein, polifenol, flavonoid, alkaloid, dan etanol. Polifenol merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker.

Kandungan flavonoid dalam sirih dapat membantu menetralisir radikal bebas dan meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Alkaloid dalam bidang kesehatan berguna sebagai antitumor, antipiretik (penurun demam), antinyeri (analgesik), memacu sistem saraf, menaikkan dan menurunkan tekanan darah, serta melawan infeksi mikroba. Sedangkan etanol bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, memperbaiki kualitas tidur, mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko terkenal strok, dan masih banyak lagi.

4. Minyak kelapa

Meskipun minyak kelapa termasuk lemak jenuh, namun konsumsi minyak kelapa ternyata dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi 15-30 gram asam lemak jenuh rantai sedang dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 5%, atau membuang sebanyak 120 kalori. Selain itu, asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Demikian beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, seperti yang dipesankan oleh nenek. Tak ada salahnya mengonsumsi bahan-bahan yang disebutkan di atas, karena siapa tahu manfaatnya dapat langsung dirasakan. sumber:klikdokter.com.

Komentar